Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Budidaya Paprika Hijau, Sayuran Buah yang Prospeknya Bagus

Kompas.com - 05/12/2022, 09:45 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Paprika merupakan sayuran buah yang berbentuk seperti lonceng. Jenis paprika sangat beragam, salah satu yang cukup mudah dijumpai yaitu paprika hijau.

Walaupun bukan berasal dari Indonesia, budidaya paprika hijau tetap dapat dilakukan, terutama pada daerah dataran tinggi. Dilansir dari berbagai sumber, Senin (5/12/2022), berikut tata cara menanam paprika hijau agar dapat panen maksimal.

Baca juga: Mudah, Cara Menanam Paprika dari Biji dalam Polybag

Syarat tumbuh

Tanaman paprika akan tumbuh dengan baik, apabila ditanam pada tempat yang tepat. Beberapa kriteria tempat yang tepat untuk menanam paprika, antara lain; ketinggian tempat 800 sampai 1.500 mdpl, suhu udara 18 hingga 25 derajat Celcius, tanah gembur yang mengandung bahan organik, dan memiliki pH 6.0 sampai 7.0.

Ilustrasi menanam paprika Pixabay/JillWellington Ilustrasi menanam paprika

Pengolahan lahan

Lahan yang akan digunakan harus dibersihkan dan digemburkan terlebih dahulu. Setelah itu, dibuat bedengan dengan lebar 100 cm dan jarak antar bedengan 50 cm.

Pupuk kandang dicampurkan pada bedengan sebagai pupuk dasar. Lahan dibiarkan selama 3 sampai 7 hari, sebelum dilakukan penanaman.

Baca juga: Cara Menanam Cabai Kotokkan yang Rasanya Pedas dan Bentuknya Unik

Penyemaian benih

Pemilihan benih paprika hijau merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Benih yang digunakan akan berpengaruh terhadap pertumbuhan dan buah paprika yang dihasilkan.

Penyemaian benih harus dilakukan dengan baik, untuk mengurangi resiko kematian dan kegagalan. Langkah-langkah menyemai benih paprika, seperti berikut:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com