Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Pemeliharaan Lemon Cui agar Pertumbuhannya Optimal

Kompas.com - 26/12/2022, 17:59 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lemon cui atau dikenal juga dengan nama lemon cina merupakan jenis jeruk yang bisa ditanam dengan sistem tabulampot atau tanam buah dalam pot. Lemon ini memiliki ukuran kecil menyerupai jeruk nipis.

Buah lemon ini hanya mempunyai diameter sekitar 3 sampai 4 meter dan warnanya kuning kehijauan. Kulit buahnya halus dan lunak dengan daun berwarna hijau tua mengkilap dan jenis akarnya tunggang.

Dilansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Senin (26/12/2022), cara menanam lemon cui cukup mudah dan cepat tumbuh. Akan tetapi untuk menunjang pertumbuhannya, tanaman perlu dirawat dengan baik. Adapun beberapa pemeliharaan lemon cui yang perlu dilakukan, seperti berikut.

Baca juga: Cara Menanam Jeruk Lemon Cui di Pot

Memperhatikan penyinaran matahari

Ilustrasi tanaman jeruk lemon cui atau jeruk kasturi. PIXABAY/HARTONO SUBAGIO Ilustrasi tanaman jeruk lemon cui atau jeruk kasturi.

Tanaman lemon cui membutuhkan penyinaran matahari sekitar 5 jam/hari. Oleh karena itu, pastikan tanaman lemon cui ditanam pada area yang tidak ternaungi agar pertumbuhannya optimal.

Penyiraman teratur

Tanaman lemon cui juga memerlukan penyiraman secara rutin agar pertumbuhannya tidak terganggu. Meskipun demikian, penyiraman saat musim hujan harus dikurangi atau dihentikan agar tanaman tidak tergenang.

Mengganti pot yang lebih besar

Apabila tanaman lemon cui ditanam dengan metode tabulampot, maka saat tanaman berumur 3 sampai 4 tahun, pindahkan tanaman ke pot yang lebih besar.

Baca juga: Cara Menanam Jeruk Lemon, Mudah dan Menguntungkan

Cara repotting yaitu dengan membuang cabang sebanyak 1/3 bagian. Setelah itu, biarkan tanah kering sekitar 2 hingga 3 hari tanpa penyiraman.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com