Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kriteria dan Contoh Batang Pohon yang Cocok untuk Anggrek

Kompas.com - 19/03/2023, 10:56 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggrek merupakan salah satu tanaman bunga yang banyak disukai. Ada banyak jenis anggrek dengan warna dan karakteristik yang berbeda-beda.

Selain warnanya yang cantik, ciri khas dari bunga ini yaitu tumbuh menempel pada pohon. Menanam anggrek di pohon akan memberikan kesan alami karena seperti habitat aslinya.

Meskipun demikian, batang pohon yang cocok untuk anggrek perlu diperhatikan dengan baik agar tanaman dapat tumbuh dengan maksimal.

Baca juga: Panduan Cara Menanam Bunga Anggrek Bulan yang Benar

Kriteria batang pohon yang cocok untuk anggrek

Ilustrasi bunga anggrek brassavola.PIXABAY/CONG HUU LE Ilustrasi bunga anggrek brassavola.

Dikutip dari buku Petunjuk Perawatan Anggrek, Minggu (19/3/2023), pada dasarnya anggrek epifit dapat ditanam di batang pohon hidup atau mati. Bahkan, di tiang beton juga bisa tumbuh.

Akan tetapi, batang pohon yang cocok untuk anggrek harus memenuhi syarat kelembapan agar tanaman tumbuh dengan baik. Jika ingin menanam anggrek pada pohon yang mati, maka pilih batang yang tahan air dan panas matahari, sehingga tidak mudah lapuk.

Namun, apabila ingin menanam anggrek di pohon yang hidup, maka pilih batang yang berkulit tebal agar tidak mudah mengelupas. Sebaiknya pilih juga batang yang agak kasar untuk mempermudah akar melekat pada batang tersebut.

Baca juga: Cara Menanam Anggrek di Pot dan Batang Pohon

Contoh batang pohon yang cocok untuk anggrek

Beberapa jenis batang pohon yang cocok untuk menanam anggrek, antara lain; jambu air, mangga, rambutan, nangka, dan asam jawa. Meskipun demikian, tanaman yang berbatang licin seperti palem dan jambu biji juga masih bisa digunakan untuk menanam anggrek.

Namun, batang yang licin perlu ditempel dengan media yang bisa menahan air seperti sabut kelapa, ijuk, atau potongan pakis.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com