Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Nutrisi Hidroponik Sendiri di Rumah

Kompas.com - 04/04/2023, 17:25 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hidroponik merupakan sebuah metode bercocok tanam tanpa menggunakan media tanah. Syarat media yang dapat digunakan pada sistem hidroponik, memiliki bobot yang ringan, dapat menyimpan air, dan mudah didapat.

Media yang dapat digunakan seperti sabut kelapa, sekam bakar, perlite, vermiculite, rockwool dan masih banyak lagi. Media tanam diberi nutrisi untuk menunjang pertumbuhan dan produktivitas tanaman.

Nutrisi hidroponik bisa dengan mudah didapat di toko pertanian maupun e-commerce. Selain itu, Anda juga bisa membuat nutrisi hidroponik sendiri dengan bahan-bahan yang mudah didapat.

Baca juga: Mudah, Begini Cara Meracik Pupuk Hidroponik

Dikutip dari Cybext Kementerian Pertanian, Selasa (4/42023), berikut ini cara membuat pupuk untuk hidroponik dengan mudah.

Ilustrasi nutrisi tanamanSHUTTERSTOCK / VH-studio Ilustrasi nutrisi tanaman

Persiapan bahan dan alat

Bahan utama yang dapat digunakan untuk membuat nutrisi hidroponik sangat beragam. Berikut bahan dan alat yang perlu dipersiapkan untuk membuat pupuk hidroponik:

  • Nasi basi.
  • Gula aren.
  • Air dan EM4.
  • Baskom.
  • Pisau.
  • Jerigen, dan alat penyaring.

Perbanyakan bioaktivator

EM4 atau effective microorganisme adalah bioaktivator yang berisi empat mikroorganisme antara lain; Lactobacillus sp, Khamir, Actinomycetes dan Streptomyces. Mikroorganisme tersebut dapat membuat limbah menjadi nutrisi yang bermanfaat.

Baca juga: Cara Menanam Kemangi Hidroponik, Bisa Dipanen Berulang Kali

Perbanyakan bioaktivator ini cukup mudah. Langkah pertama panaskan air untuk melarutkan gula aren. Setelah gula aren larut masukan EM4 sebanyak 10 ml dan air sebanyak 100 ml.

Aduk larutan tersebut sampai merata dan diamkan kurang lebih 10 hingga 15 menit, supaya mikroorganisme dapat berkembang biak dengan maksimal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com