Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tanaman Rempah yang Mudah Dijumpai

Kompas.com - 26/04/2023, 19:08 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman rempah menjadi salah satu komoditas unggulan di Indonesia. Rempah-rempah biasanya dimanfaatkan sebagai bumbu masakan atau obat tradisional.

Jenis rempah-rempah yang tumbuh di Indonesia sangat beragam. Dikutip dari Cybext Kementerian Pertanian, Rabu (26/4/2023), berikut ini jenis tanaman rempah yang tumbuh di Indonesia.

1. Adas

Tanaman adas manis berguna untuk memberikan aroma harum pada kue dan minuman tradiisonal. Biasanya adas diolah dengan cara disangrai sampai harum, kemudian dihaluskan bersama bumbu-bumbu lain.

Baca juga: Cara Menanam Oregano, Tanaman Rempah yang Aromanya Khas

2. Andaliman

Rempah-rempah ini biasanya digunakan dalam makanan khas suku Batak. Rasa andaliman pedas dan aromanya segar.

Buah tanaman andalimanShutterstock/Octopus16 Buah tanaman andaliman

Cara menggunakannya cukup dengan menghaluskan bersama bumbu lain. Selain itu, andaliman juga dapat diolah sebagai sambal.

3. Bawang putih dan merah

Bawang putih dan merah menjadi salah satu tanaman rempah yang umum dan mudah dijumpai. Kedua jenis bawang ini menjadi bumbu dasar di hampir seluruh masakan khas Nusantara.

4. Bunga pala

Bunga pala menjadi salah satu rempah asli Indonesia yang memiliki banyak manfaat. Bunga pala memiliki aroma harum dan rasa yang gurih. Biasanya, bunga pala ditambahkan dalam masakan yang berbahan dasar daging.

Baca juga: Cara Menanam Pala, Tanaman Penghasil Minyak Atsiri Asli Indonesia

5. Cengkeh

Jenis tanaman rempah lainnya yaitu cengkeh. Bunga cengkeh kering biasanya digunakan untuk menambah rasa dan aroma masakan. Selain menjadi bumbu masakan, cengkeh juga sering dimanfaatkan untuk obat atau jamu tradisional.

6. Kapulaga

Sama seperti rempah lainnya, kapulaga juga biasa dimanfaatkan sebagai penambah aroma dalam makanan, kue, atau minuman. Kapulaga biasanya diolah dengan cara dimemarkan atau dihaluskan, lalu disangrai sampai harum.

Itulah beberapa tanaman rempah yang tumbuh di Indonesia. Selain itu, ada beberapa jenis rempah lain yang tumbuh dan mudah ditemukan di Indonesia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com