Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Jenis Buah Langka yang Sulit Ditemukan

Kompas.com - 16/05/2023, 19:59 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Di Indonesia, jenis tanaman buah sangat beragam. Bahkan, ada beberapa jenis buah yang tergolong sebagai buah langka.

Sesuai dengan namanya, buah langka kini keberadaannya mulai sulit ditemukan. Menurut penjelasan di buku Penanganan Segar Hortikultura untuk Penyimpanan & Pemasaran, berikut ini beberapa buah yang mulai langkah.

1. Bisbul

Buah bisbul juga termasuk tipe buah buni yang bentuknya bulat atau bulat gepeng. Buah ini memiliki biji dan bulu beludru.

Baca juga: Simak, Cara Menanam Buah Bisbul yang Mulai Langka

Di bagian pangkalnya terdapat topi kelopak yang kaku dan tidak rontok. Kulit buahnya tipis, tertutup oleh bulu pendek, dan berwarna coklat keemasan.

Daging buah bisbul berwarna putih dengan tekstur agak kering. Rasanya manis dan setelah matang akan mengeluarkan aroma khas seperti keju.

Buah duit atau jamblangShutterstock/Reiakana Buah duit atau jamblang

2. Duwet

Buah duwet atau yang dikenal sebagai jamblang juga termasuk buah langka. Buah ini memiliki warna ungu.

Ukurannya sebesar biji rambutan. Rasa buah ini asam agak sepat. Maka dari itu, biasanya buah ini dimakan bersama sedikit garam atau gula.

3. Gandaria

Gandaria termasuk tanaman dari keluarga Anacardiaceae. Tanaman gandaria memiliki tajuk setinggi 27 meter dengan kulit kayunya retak-retak berwarna coklat muda.

Baca juga: Mengenal Buah Kepel, Tanaman Langka Kesukaan Putri Keraton

Buah gandaria memiliki bentuk agak bulat dengan kulit berwarna kuning hingga jingga. Daging buahnya mengeluarkan cairan kental, buahnya tidak berbulu, rasanya asam sampai manis dengan aroma khas. Buah ini mirip dengan mangga namun ukurannya lebih kecil.

4. Gowok

Buah langka berikutnya yaitu gowok. Buah ini memiliki kulit berwarna ungu. Ukurannya sempat kali ukuran kacang telur. Rasanya asam dan menyegarkan.

5. Kawista

Kawista merupakan buah bertipe buah buni, berkulit keras, dan diameternya sekitar 10 cm. Permukaan kulitnya bersisik dan berwarna putih.

Daging buahnya harum. Buah ini memiliki banyak biji, berbulu, dan berlendir. Bijinya berkeping tebal dan warnanya hijau.

Baca juga: Manfaat Buah Maja untuk Kesehatan, Cegah Diare hingga Infeksi Kulit

Itulah beberapa jenis buah langka di Indonesia. Selain kelima buah tersebut, masih ada beberapa buah dan tanaman langka lain yang perlu dilestarikan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com