Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Bawang Merah di Luar Musim agar Hasilnya Maksimal

Kompas.com - 20/11/2022, 16:45 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kunci keberhasilan menanam bawang merah di luar musim yaitu dengan menerapkan teknik budidaya yang tepat. Teknik budidaya bawang merah yang tepat meliputi; pemilihan varietas, pengolahan lahan, penanaman, perawatan tanaman, dan pemanenan yang sesuai prosedur.

Dilansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Minggu (20/11/2022), berikut pedoman menanam bawang merah di luar musim agar panennya tetap maksimal.

Persiapan lahan

Langkah pertama yang perlu dilakukan sebelum menanam bawang merah yaitu mengolah lahan. Pengolahan lahan dilakukan dengan membersihkan rumput atau gulma yang tumbuh di area tersebut.

Baca juga: 5 Varietas Bawang Merah Unggulan Indonesia, Apa Saja?

Setelah itu, buat bedengan berukuran 1,2 sampai 1,5 m. Jangan lupa untuk membuat parit sebagai saluran drainase dengan kedalaman 50 sampai 60 cm dan lebar 40 hingga 50 cm.

Ilustrasi bibit bawang merahPixabay/Ashish_Choudhary Ilustrasi bibit bawang merah

Tanah yang sudah diolah dibiarkan selama kurang lebih seminggu untuk memastikan patogen tular tanah mati. Selain itu, tahapan ini juga membuat tanah memperoleh udara dengan cukup, sehingga optimal saat ditanami bawang merah.

Pemupukan dan pemasangan mulsa

Setelah satu minggu, tanah kembali digemburkan dan diberi pupuk. Pada saat ini, pasang juga mulsa perak hitam dan buat lubang tanam untuk menanam bibit bawang merah.

Baca juga: 3 Varietas Bawang Merah yang Cocok Ditanam Saat Musim Hujan

Penanaman

Bibit yang sehat bisa mulai ditanam pada lubang tanam yang sudah dibuat sebelumnya. Tancapkan bibit bawang merah dan timbun dengan tanah akan tetapi jangan terlalu dipadatkan. Tujuannya agar sirkulasi udara di lubang tanam masih lancar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com