Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Blueberry agar Berbuah Banyak

Kompas.com - 24/01/2023, 19:31 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Blueberry merupakan salah satu jenis buah berry yang tumbuh dan berkembang di wilayah subtropis seperti, Eropa, Asia Timur, dan Kanada. Seperti namanya, blueberry memiliki buah yang berwarna biru dengan daging buah yang berwarna putih.

Bentuk buah blueberry bulat, dan berbuah pada satu tangkai yang berdompol. Tanaman buah ini berbentuk semak, yang dapat tumbuh dengan cepat.

Buah ini bisa dikonsumsi langsung atau diolah menjadi makanan maupun minuman. Kebutuhan buah blueberry dalam negeri, mayoritas masih didapatkan melalui impor.

Baca juga: Mudah, Begini Cara Menanam Blackberry agar Tumbuh Subur

Hal ini tentu menjadi peluang yang besar untuk menanam buah blueberry. Walaupun bukan berasal asli dari Indonesia, buah ini tetap dapat ditanam.

Akan tetapi cara menanam blueberry harus diperhatikan dengan baik. Dilansir dari The Spruce, Selasa (24/1/2023), berikut cara menanam blueberry yang benar agar berbuah banyak.

Ilustrasi tanaman blueberryPixabay/NmewahanG Ilustrasi tanaman blueberry

Syarat tumbuh

Syarat tumbuh tanaman blueberry harus diperhatikan dengan baik, karena buah blueberry bukan asli Indonesia. Buah blueberry akan tumbuh dengan baik pada kondisi lahan dengan ketinggian 800 sampai 1.500 mdpl.

Suhu yang sesuai berkisar antara 15 sampai 22 derajat Celcius dengan kelembapan 80 hingga 90 persen. Kondisi lahan yang seperti ini, berada pada daerah dataran menengah dan tinggi.

Baca juga: 7 Varietas Strawberry yang Ditanam di Indonesia, Apa Saja?

Persiapan Bibit

Bibit buah blueberry dapat didapatkan melalui biji yang disemai ataupun stek dari batang tanaman. Bibit yang berasal dari biji memiliki keunggulan akarnya yang kuat, akan tetapi waktu waktu tumbuhnya cukup lama.

Halaman:
Sumber The Spruce
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com