Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahapan Pembibitan Pepaya California dengan Mudah

Kompas.com - 08/03/2023, 12:23 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pepaya california merupakan salah satu jenis buah pepaya yang rasanya enak. Selain rasanya yang manis, pepaya california juga memiliki daging buah yang tebal.

Harga jual pepaya california juga cukup mahal, sehingga budidaya pepaya california memiliki prospek yang menjanjikan. Akan tetapi, untuk mendapatkan buah pepaya yang bernilai jual tinggi, budidaya tanaman ini harus dilakukan dengan baik.

Salah satu tahapan budidaya pepaya california yaitu persiapan bibit atau pembibitan. Tahapan ini harus dilakukan dengan benar agar pertumbuhan dan produktivitas tanaman maksimal.

Baca juga: Simak, Ini Cara Menyemai Benih Pepaya California dengan Mudah

Dikutip dari Cybext Kementerian Pertanian, Rabu (8/3/2023), berikut tahapan pembibitan pepaya california yang benar.

Buat bedengan

Langkah pertama yang bisa dilakukan sebelum menyiapkan bibit pepaya california yaitu menyiapkan bedengan terlebih dahulu. Bedengan dibuat membujur dari utara ke selatan agar nantinya bibit bisa memperoleh sinar matahari dengan optimal

Ilustrasi pohon pepaya california.SHUTTERSTOCK/RISKAASLVN Ilustrasi pohon pepaya california.

Ukuran bedengan yaitu lebar 1 sampai 1,2 meter, tinggi 20 hingga 30 cm, dan panjangnya sesuai kebutuhan. Kemudian, lahan digemburkan dan tambahkan pupuk kandang + pasir dengan perbandingan 1:1.

Pemasangan nuangan

Pasang naungan pada bedengan agar bibit tidak terkena sinar matahari langsung dan air hujan. Setiap naungannya dibuat lebih tinggi pada sisi sebelah timun yakni 1 hingga 1,5 m dan bagian barat lebih rendah dengan tinggi hanya 60 hingga 80 cm.

Baca juga: Panduan Pupuk untuk Tanaman Pepaya California

Penanaman benih

Langkah pembibitan pepaya california berikutnya yaitu membuat lubang tanam dengan jarak 10 x 10 cm. Setelah itu, letakkan benih pada lubang tanam tersebut dan tutup kembali dengan tanah.

Benih pepaya biasanya mulai berkecambah saat berumur 12 hingga 14 hari setelah tanam. Benih akan tumbuh menjadi bibit atau tanaman muda.

Bibit yang sudah berumur 2 hingga 3 minggu dari masa perkecambahan, bisa segera dipindahkan ke polybag yang sudah berisi media tanam. Jenis media tanam yang dapat digunakan yaitu campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1.

Pemindahan harus dilakukan secara hati-hati. Setelah bibit berumur 40 sampai 50 hari dan sudah tumbuh tinggi sekitar 15 sampai 25 cm, bibit bisa dipindah ke lahan penanaman.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com