Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis Cabai yang Banyak Tumbuh di Indonesia, Apa Saja?

Kompas.com - 06/08/2023, 10:51 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Cabai merupakan salah satu komoditas penting di Indonesia. Permintaan hasil tanaman cabai tidak pernah surut dan harga jualnya juga cukup tinggi.

Jenis cabai di Indonesia bahkan sangat beragam. Menurut penjelasan di buku Peluang Usaha & Budidaya Cabai, ada tiga jenis cabai di Indonesia yaitu cabai rawit, cabai besar, dan cabai lonceng. Berikut penjelasan selengkapnya berikut ini.

Cabai rawit

Cabai rawit dikenal sebagai hot chili atau cabai besar. Cabai ini memiliki ukuran kecil dengan rasa pedas karena mengandung minyak atsiri sangat tinggi. Beragam cabai rawit yang tumbuh di Indonesia, antara lain;

Baca juga: Cara Menanam Cabai Rawit Hijau, Bisa Dipanen Berkali-kali

1. Cabai rawit kecil

Ilustrasi cabai rawit, tanaman cabai rawit. PIXABAY/SENJAKELABU29 Ilustrasi cabai rawit, tanaman cabai rawit.

Cabai rawit ini memiliki ukuran sangat kecil dengan panjang hanya sekitar 1 sampai 2 cm saja. rasa buah ini sangat pedas.

Warnanya hijau saat muda dan setelah tua berubah menjadi merah. Biasanya dikonsumsi sebagai gorengan.

2. Cabai rawit putih

Sesuai dengan namanya, cabai rawit ini memiliki warna putih atau putih kekuningan saat muda. Namun, ketika sudah tua warnanya berubah menjadi merah.

Cabai rawit ini memiliki ukuran cukup besar sekitar 2 hingga 5 cm. Rasanya pedas dan biasanya digunakan sebagai sambal.

3. Cabai rawit hijau

Cabai ini memiliki warna hijau tua saat muda dan berubah merah gelap ketika sudah tua. Panjang cabai ini sekitar 2 hingga 3 cm. Rasanya tidak terlalu pedas, sehingga sering dikonsumsi bersama gorengan.

Baca juga: 6 Tips Menanam Cabai Rawit di Gunung agar Pertumbuhannya Baik

Cabai besar

Cabai besar adalah cabai yang ukurannya lebih besar dibandingkan cabai rawit. Panjang buahnya biasanya 10 cm dan terkadang ada yang mencapai 15 sampai 20 cm.

Saat masih muda, cabai ini berwarna hijau tua. Namun, saat sudah tua warnanya menjadi merah menyala, merah tua, atau tetap hijau.

Cabai lonceng

Cabai lonceng atau yang dikenal juga sebagai paprika merupakan jenis cabai yang ukurannya lebih besar dibandingkan cabai lainnya. Panjangnya mencapai 15 cm dengan diameter mencapai 8 cm.

Saat masih muda, warnanya hijau dan berubah menjadi merah ketika sudah tua. Cabai ini ditambahkan dalam makanan sebagai bumbu maupun sayuran karena rasanya tidak pedas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com