Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Protelindo Grup Tanam 35.000 Bibit Mangrove di Makassar, Kulon Progo, dan Pulau Rinca

Kompas.com - 23/12/2023, 18:21 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo) menyelenggarakan kegiatan penanaman lebih dari 35.000 bibit mangrove dengan total area tanam seluas 10 hektar.

Kegiatan ini dilaksanakan di Makassar, Sulawesi Selatan, Kulon Progo, Yogyakarta, serta Pulau Rinca, Manggarai Barat, NTT.

Ini dilakukan bersama anak usahanya, yakni PT Iforte Solusi Infotek (iForte) dan PT Solusi Tunas Pratama Tbk (STP), bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), serta melibatkan manajemen perusahaan, karyawan, Dinas KLH, Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS), Dinas Kementrian Komunikasi dan Informatika, Pemda setempat, dan masyarakat.

Baca juga: Perusahaan Tambang Ini Rehabilitasi DAS, Mangrove, dan Bantu Kelompok Tani

Ilustrasi tanaman mangrove. SHUTTERSTOCK/BALAJISRINIVASAN Ilustrasi tanaman mangrove.

Rangkaian acara penanaman mangrove pertama dilaksanakan di kawasan wisata Hutan Mangrove Lantebung, Makassar, Sulawesi Selatan oleh PT Solusi Tunas Pratama Tbk seluas 3 hektar.

Penanaman kedua seluas 4 hektar dilaksanakan di kawasan wisata mangrove pesisir Kulon Progo, DIY oleh PT Iforte Solusi Infotek, dan kegiatan penanaman ketiga diselenggarakan di Pulau Rinca, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur oleh PT Profesional Telekomunikasi Indonesia seluas 3 hektar.

Dalam menjalankan tanggung jawab sosialnya sebagai entitas korporasi, Protelindo grup memiliki kewajiban untuk memberikan kontribusi terhadap lingkungan dimana perusahaan beroperasi.

Penanaman mangrove yang diselenggarakan merupakan upaya perusahaan untuk mendukung keberlangsungan dan keberlanjutan lingkungan hidup serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat di sekitar lokasi operasional yang secara tidak langsung diupayakan dengan pemeliharaan alam di sekitarnya.

Baca juga: Mitra Pinasthika Mustika Tanam 20.000 Bibit Mangrove di NTT

“Kegiatan CSR penanaman mangrove berlangsung dengan baik, kami sangat bersyukur acara ini dapat terlaksana, karena penanaman mangrove sangat baik untuk ekosistem, pengurangan karbon dan juga penghijauan” ujar Dini Yahya, Chief of Sales & Marketing Protelindo dalam keterangannya, Sabtu (23/12/2023).

Kegiatan CSR penanaman mangrove merupakan upaya nyata Protelindo grup dalam ikut menjaga lingkungan bagi generasi saat ini dan mendatang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com