Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Pemupukan Tanaman Sayur Berdasarkan Jenis Pupuknya

Kompas.com - 26/08/2023, 20:25 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Pemupukan menjadi salah satu tahapan penting dalam budidaya sayuran. Pemberian pupuk yang tepat akan membuat tanaman tumbuh subur dan panennya maksimal.

Jenis pupuk yang diberikan sangat beragam. Berdasarkan cara pemberiannya, pupuk untuk tanaman sayur terbagi atas pupuk akar dan pupuk daun.

Pupuk tersebut diberikan dengan cara yang berbeda. Dilansir dari buku Memupuk Tanaman Sayur, Sabtu (26/8/2023), berikut ini cara pemupukan tanaman sayur berdasarkan jenisnya.

Baca juga: Teknik Pemupukan Tanaman yang Efektif dan Efisien

Cara pemberian pupuk akar pada tanaman sayur

Pupuk akar adalah jenis pupuk yang diberikan lewat akar tanaman. Jumlah pupuk yang diberikan lewat akar harus benar agar nutrisi yang diserap maksimal.

Ilustrasi pupuk untuk tanaman tomat, memberi pupuk pada tanaman tomat. SHUTTERSTOCK/VITALII M Ilustrasi pupuk untuk tanaman tomat, memberi pupuk pada tanaman tomat.

Pemupukan lewat akar membuat nutrisi bisa langsung diserap oleh akar. Akan tetapi, kekurangan pemupukan melalui akar yaitu mudah menguap, tercuci, atau diserap tanaman lain yang bukan tanaman budidaya.

Berdasarkan tekniknya, berikut ini cara pemupukan tanaman sayur lewat akar.

 

1. Ditabur

 

Pemupukan dengan cara ini bisa dicampurkan saat pengolahan tanah. Biasanya, jenis pupuk yang diberikan pada saat ini yaitu pupuk dasar.

Selain itu, pupuk juga bisa diberikan setelah bedengan tanaman terbentuk. Selanjutnya, bedengan perlu disiram air agar pengolahan tanah lebih mudah. Pada saat itu, pupuk akan tercampur bersama tanah.

Baca juga: Pemupukan Tanaman Cabai saat Fase Vegetatif

Terkadang, ada juga pupuk yang ditabur saat tanaman mulai tumbuh. Penaburan ini dilakukan ketika tanaman masih muda, bertujuan agar tanaman memiliki energi untuk tumbuh.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com