Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Varietas Jeruk Seedless yang Rasanya Enak dan Bernilai Jual Tinggi

Kompas.com - 01/02/2023, 18:03 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jeruk menjadi salah satu buah favorit banyak orang. Rasa buah ini manis dan menyegarkan, sehingga banyak disukai.

Sayangnya, buah ini memiliki biji yang berada di tengah daging buahnya, sehingga kurang praktis saat dinikmati. Sebagai sebuah solusi, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian lewat Balitjestro berusaha untuk menciptakan varietas jeruk berbiji sedikit atau seedless.

Varietas jeruk unggul ini berasal dari beberapa jenis, antara lain; jeruk keprok, lemon, atau pamelo. Dilansir dari Balitjestro Kementerian Pertanian, Rabu (1/2/2023), berikut penjelasan selengkapnya.

Baca juga: Jenis Jeruk Manis di Indonesia yang Potensial untuk Dikembangkan

1. Jeruk keprok SoE

Ilustrasi tanaman jeruk, pohon jeruk, menanam jeruk. SHUTTERSTOCK/CHANWANGRONG Ilustrasi tanaman jeruk, pohon jeruk, menanam jeruk.

Keprok SoE merupakan jeruk keprok seedless yang penampilannya menarik. Selain itu, buah jeruk ini juga memiliki rasa manis sedikit asam yang menyegarkan.

Tingkat kemanisan jeruk ini sekitar 9,3 sampai 10 derajat brix dengan kandungan vitamin C kurang lebih 39,6 hingga 48 mg/100 gram. Ukuran buah jeruk ini sekitar 85 sampai 142 gram/buah. Varietas keprok SoE ini cocok dibudidayakan di dataran tinggi.

2. Montaji agrihorti

Selain jeruk keprok, varietas jeruk seedless juga ada yang dari jenis lemon. Varietas jeruk lemon yang memiliki biji sedikit yaitu Montaji Agrihorti.

Baca juga: 3 Varietas Jeruk Manis di Indonesia, Apa Saja?

Buah jeruk ini memiliki kulit tipis dan tidak memiliki biji atau berbiji sedikit. Jenis jeruk ini cocok ditanam dalam pot atau di lahan luas.

3. Pamindo Agrihorti

Varietas jeruk seedless lainnya yaitu Pamindo Agrihorti. Jeruk ini sekilas mirip dengan jeruk pamelo lainnya, hanya saja biji Pamindo Agrihorti lebih sedikit dan daging buahnya merah dengan tekstur lembut.

Berat buah jeruk ini sekitar 660 sampai 1470 gram/buah. Sementara itu, kandungan gula dalam buah ini 8 sampai 10,6 derajat brix dan kandungan vitamin C sekitar 34,40 sampai 58,02 mg/100 gram.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com