Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Hama dan Penyakit Tanaman Bayam, Apa Saja?

Kompas.com - 26/07/2023, 17:48 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hama dan penyakit tanaman menjadi salah satu faktor pembatas dalam budidaya bayam. Serangan organisme pengganggu tanaman tersebut bisa mengakibatkan pertumbuhan dan produktivitas tanaman tidak maksimal.

Bahkan, serangan yang berat bisa mengakibatkan tanaman mati. Maka dari itu, pengendalian hama dan penyakit harus dilakukan secepat mungkin agar tidak menyebabkan kerusakan parah.

Namun, apa saja hama dan penyakit tanaman bayam? Dilansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Rabu (26/7/2023), berikut penjelasan selengkapnya.

Baca juga: Cara Menanam Bayam Hidroponik dengan Mudah dan Cepat Panen

Penyakit tanaman bayam

Gejala penyakit tanaman bayam biasanya ditemukan pada bagian daun. Berikut ini beberapa jenis penyakit yang ditemukan pada tanaman bayam lengkap dengan cara pengendaliannya.

Ilustrasi bayam, menanam bayam, tanaman bayam.SHUTTERSTOCK/ATHOK.FADHLIN Ilustrasi bayam, menanam bayam, tanaman bayam.

1. Penyakit karat putih

Gejala penyakit ini bisa ditemukan pada daun yang ditandai dengan adanya bercak putih agak melepuh di bagian sisi bawah tanaman daun. Penyakit ini disebabkan oleh jamur Albugo candida.

Penyakit ini bisa dikendalikan dengan cara membongkar tanaman terserang dan memusnahkannya agar penyakit tidak menular ke tanaman lain yang masih sehat.

2. Penyakit virus kuning

Penyakit ini disebabkan oleh virus Cucumber mosaic virus (CMV). Virus ini menyebabkan daun bayam menyempit, mengkerut, menggulung, dan ukurannya menjadi kecil.

Baca juga: Cara Menanam Bayam Cabut, Bisa Dipanen dalam 25 Hari

Daun yang terserang juga akan timbul bercak-bercak. Cara pengendaliannya yaitu dengan mencabut tanaman sakit dan membakarnya.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com