Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Buah Naga di Pot agar Cepat Berbuah

Kompas.com - 05/09/2022, 08:12 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Buah naga adalah buah yang berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan, namun kini banyak dibudidayakan di berbagai negara di Asia. Buah naga banyak dikonsumsi karena memiliki beragam manfaat bagi kesehatan.

Cara menanam buah naga di pot cukup mudah. Anda dapat menanam buah naga di pot di pekarangan rumah untuk dapat menikmati hasil panennya.

Dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Senin (5/9/2022), berikut cara menanam buah naga di pot agar cepat berbuah.

Baca juga: Simak, Ini 5 Cara Menanam Terong Ungu

Tanaman buah nagaPixabay/lequangutc89 Tanaman buah naga

1. Persiapan lahan

Lahan untuk menanam buah naga di pot tidak perlu luas. Anda bahkan dapat menanam buah naga di lahan sempit di pekarangan atau halaman rumah.

Pastika area tersebut jauh dari gangguan beragam hal yang bisa menganggu pertumbuhannya. Misalnya hewan yang akan merusak bibit buah naga ini.

Jauhkan juga dari jangkauan anak untuk memaksimalkan pertumbuhan buah naga dalam pot agar cepat berbuah dan lebih maksimal.

2. Siapkan bibit

Bibit yang dipilih akan mempengaruhi hasil panen, jadi usahakan untuk memilih bibit terbaik. Cobalah cari tempat budidaya buah naga terbaik dan belilah bibit-bibit unggul di sana.

Baca juga: Cara Menanam Singkong Gajah yang Benar

3. Siapkan pot

Jenis pot yang biasa dijual di pasar seperti pot semen, pot plastik, pot tanah liat, ataupun pot yang kita buat sendiri dari barang-barang bekas juga dapat menjadi media penanaman buah naga.

Namun, pot yang paling cocok digunakan untuk menanam buah naga adalah pot tanah liat karena mampu menahan perubahan suhu yang drastis dari siang ke malam.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com