Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tanaman Serealia yang Tumbuh di Indonesia

Kompas.com - 31/01/2023, 11:05 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Serealia adalah tanaman yang dipanen biji atau bulirnya. Biji tanaman serealia mengandung karbohidrat dan pati, sehingga termasuk tanaman pangan.

Tanaman serealia di Indonesia sangat beragam. Melansir dari situs Balai Penelitian Tanaman Serealia, Selasa (31/1/2023), berikut penjelasan selengkapnya.

1. Padi

Padi merupakan tanaman serealia yang menjadi tanaman pangan utama di Indonesia. Budidaya padi dilakukan di hampir seluruh wilayah Indonesia.

Baca juga: Budidaya Padi dalam Pot, Bisa di Tanam di Lahan Sempit

Sayangnya, beberapa waktu terakhir terdapat penurunan produktivitas padi. Maka dari itu, kini petani mulai menggencarkan pangan alternatif untuk mensubstitusi kebutuhan beras dari padi.

Ilustrasi tanaman jagung, SHUTTERSTOCK/BITS AND SPLITS Ilustrasi tanaman jagung,

2. Jagung

Tanaman serealia lainnya yang banyak tumbuh di Indonesia yaitu jagung. Berdasarkan pemanfaatannya jagung terbagi menjadi tiga jenis, yaitu jagung pangan, pakan, dan energi.

Varietas jagung di Indonesia juga sangat beragam. Bahkan, pengembangan varietas jagung masih terus dilakukan hingga kini.

3. Sorgum

Sorgum merupakan tanaman rumput-rumputan yang berasal dari Afrika dan sudah tersebar di seluruh penjuru durian. Sorgum juga termasuk tanaman pangan yang potensial.

Baca juga: Mengenal Tanaman Sorgum yang Potensial Jadi Bahan Pangan

Dibandingkan dengan tanaman serealia lainnya, sorgum memiliki beberapa keunggulan. Adapun beberapa keunggulan tanaman ini, antara lain; tahan terhadap lahan kering, adaptif terhadap lahan marginal, bisa diratun, biomassanya tinggi, dan nilai gizinya cukup tinggi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com