Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Fungisida Alami, Mudah dan Murah

Kompas.com - 14/02/2023, 14:08 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu jenis patogen yang dapat menyebabkan penyakit pada tanaman yaitu jamur patogen. Patogen ini bisa menyerang segala jenis tanaman, bahkan bisa menyerang hasil panen yang disimpan di gudang.

Maka dari itu, perlu pengendalian jamur patogen dengan tepat dan cepat agar tidak menyebabkan kerugian pada budidaya tanaman. Biasanya jamur patogen dikendalikan dengan fungisida.

Jenis fungisida di pasaran sebenarnya sangat banyak. Akan tetapi, fungisida ternyata bisa dibuat dari bahan alami, seperti jahe, kunyit, dan lengkuas.

Baca juga: Manfaat Kunyit untuk Tanaman, Bisa Membasmi Hama

Penggunaan fungisida alami dinilai lebih ramah lingkungan dan ekonomis karena bisa dibuat sendiri menggunakan bahan-bahan yang ada di lingkungan sekitar. Dikutip dari Cybext Kementerian Pertanian, Selasa (14/2/2023), berikut ini cara membuat fungisida alami dengan mudah.

Bahan dan alat

Terdapat beberapa bahan dan alat yang perlu disiapkan untuk membuat fungisida dari bahan alami. Berikut daftar lengkapnya.

Ilustrasi lengkuas, rimpang lengkuasFreepik/rawpixel.com Ilustrasi lengkuas, rimpang lengkuas

  • Kunyit
  • Lengkuas
  • Jahe
  • Air
  • Blender atau alat penghalus lainnya
  • Saringan
  • Sprayer

Baca juga: Cara Membuat Pestisida dari Jahe, Mudah dan Ramah Lingkungan

Cara membuat fungisida alami

Setelah semua bahan yang diperlukan tersedia, langkah awal yang bisa Anda lakukan yaitu menghaluskan seluruh bahan tersebut.

Tambahkan juga sedikit air agar teksturnya menjadi tidak terlalu kasar. Setelah itu, peras bahan-bahan yang sudah dihaluskan, lalu saring untuk memastikan larutan tidak tercampur dengan ampasnya

Cara aplikasi fungisida organik

Apabila proses pembuatan fungisida telah selesai, tahapan berikutnya yaitu mengaplikasikan fungisida tersebut ke tanaman. Cara aplikasinya cukup dengan melarutkan 2 hingga 3 sendok makan fungisida alami dengan air.

Setelah itu, masukkan fungisida siap pakai pada tangki sprayer dan semprotkan ke tanaman. Fungisida alami ini sangat berguna sebagai tindakan pencegahan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com