Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Kemangi dari Batang, Mudah dan Bisa Di Lahan Sempit

Kompas.com - 06/03/2023, 09:53 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kemangi menjadi salah satu tanaman herbal yang mudah ditanam. Selain menanam dari bijinya, kemangi juga bisa ditanam dari batang.

Cara menanam kemangi dari batang sangat mudah. Mengutip dari Gardening Know How, Senin (6/3/2023), berikut ini penjelasan selengkapnya.

Alat dan bahan

Untuk menanam kemangi dari batang, Anda perlu menyiapkan beberapa bahan dan alat yang dibutuhkan. Adapun alat dan bahan yang menunjang pertumbuhan kemangi, seperti berikut:

Baca juga: Simak, Ini Cara Menanam Kemangi dari Biji

  • Pot dan gelas kaca
  • Gunting atau pisau yang bersih
  • Air
  • Media tanam
  • Batang kemangi dengan panjang sekitar 10 cm

Ilustrasi tanaman kemangi.Shutterstock/pilipphoto Ilustrasi tanaman kemangi.

Cara tanam kemangi dari batang

Setelah semua alat dan bahan tersedia, langkah selanjutnya yaitu penanaman. Cara menanam kemangi dari batang dikenal dengan nama stek.

Stek kemangi diawali dengan memotong batang kemangi dengan panjang 10 cm. Kemudian, buang daun yang tumbuh sekitar 5 cm dari ujung.

Bagian batang tanaman kemangi yang bisa distek yaitu bayang yang belum berbunga. Potongan batang tersebut kemudian ditempatkan dalam gelas kaca yang sudah berisi air.

Baca juga: Mudah, Ini Cara Menanam Daun Kemangi di Halaman Rumah

Setelah itu, tempatkan gelas kaca berisi batang kemangi di dekat jendela. Tujuannya agar stek kemangi mendapatkan sinar matahari dengan cukup.

Jangan lupa untuk mengganti air setiap hari hari. Lalu, biarkan stek kemangi tumbuh akar sekitar 5 cm atau lebih. Biasanya proses ini memerlukan waktu sekitar dua sampai empat minggu.

Langkah berikutnya yaitu siapkan pot berisi media tanam. Kemudian, tempatkan batang kemangi yang sudah memiliki akar dalam media tanam tersebut.

Tempatkan pot di area yang terkena sinar matahari langsung. Terakhir, lakukan perawatan dengan rutin agar kemangi tumbuh dengan baik.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com