Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tahap Budidaya Melon Hidroponik dari Persemaian sampai Panen

Kompas.com - 20/03/2023, 12:10 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Melon merupakan salah satu buah yang nilai ekonominya tinggi. Maka dari itu, banyak petani yang berminat membudidayakan komoditas ini.

Selain dibudidayakan secara konvensional, melon juga bisa ditanam secara hidroponik. Budidaya melon hidroponik menjadi salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas tanaman.

Dikutip jurnal Agrium Vol. 33, No.1, Senin (20/3/2023), berikut ini teknik budidaya melon yang bisa diterapkan agar hasil panennya maksimal.

Baca juga: Cara Menanam Melon Hidroponik, Bisa Menghasilkan Buah Berkualitas

1. Persemaian

Benih biasa disemai di rockwool. Bibit yang sudah bisa dipindahkan ke media tanam hidroponik setelah berumur 14 hari.

Ilustrasi tanaman golden melon atau melon kuningShutterstock/rukawajung Ilustrasi tanaman golden melon atau melon kuning

2. Menyiapkan media tanam

Langkah budidaya melon hidroponik selanjutnya yaitu menyiapkan media tanam. Jenis media tanam yang bisa digunakan yaitu campuran arang sekam + pasir perbandingan 1:1 atau cocopeat + arang sekam dengan perbandingan 1:1.

3. Melarutkan nutrisi

Untuk menunjang pertumbuhan dan produktivitas melon, maka tanaman perlu diberi nutrisi secara berimbang. Nutrisi hidroponik harus mengandung unsur hara makro maupun mikro yang menunjang pertumbuhan dan produktivitas tanaman melon.

Baca juga: 8 Cara Merawat Tanaman Melon di Musim Hujan

4. Penanaman

Cara menanam melon hidroponik yaitu dengan meletakkan bibit pada media tanam hidroponik yang sudah disiapkan.

5. Perawatan tanaman

Kegiatan perawatan tanaman melon hidroponik berupa pemberian nutrisi, pemasangan ajir, dan pemangkasan. Pengikatan tanaman pada ajir dilakukan saat tanaman berumur 21 hari setelah tanam.

Sedangkan pemangkasan dilakukan saat tanaman berumur 4 minggu setelah pindah tanam. Pemangkasan bertujuan untuk memotong pucuk tanaman agar pertumbuhan buah optimal.

7. Panen

Baca juga: Kapan Masa Panen Melon? Begini Penjelasannya

Melon hidroponik bisa mulai dipanen setelah tanaman berumur 50 hari hingga 2 bulan. Cara panennya yaitu dengan memotong tangkai buah menggunakan gunting atau pisau yang steril.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com