Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghilangkan Kutu Putih Pada Mangga dengan Mudah

Kompas.com - 21/03/2023, 14:26 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kutu putih merupakan salah satu hama yang menyerang tanaman mangga. Hama ini biasanya menyerang sel tanaman, sehingga membuat daun mengering dan gugur.

Kondisi tersebut bisa mengganggu pertumbuhan dan produktivitas tanaman. Jika tidak segera dikendalikan, hama ini bisa membuat tanaman rusak parah.

Maka dari itu, kutu putih harus dikendalikan dengan tepat dan cepat agar tanaman mangga tetap tumbuh dengan baik. Dikutip dari Cybext Kementerian Pertanian, Selasa (21/3/2023), salah satu cara menghilangkan kutu putih pada mangga yaitu menggunakan sabun cuci piring. Simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga: Cara Membasmi Kutu Putih pada Pohon Mangga

Cara membasmi kutu putih pada tanaman mangga

Ilustrasi hama kutu putih pada tanaman. SHUTTERSTOCK/TOMASZ KLEJDYSZ Ilustrasi hama kutu putih pada tanaman.

Pengendalian kutu putih menggunakan sabut cuci piring tergolong aman dan murah. Selain itu, cara pengendalian ini juga sangat mudah cukup dengan menggosok daun yang terserang kutu putih menggunakan spons.

Perlu diketahui bahwa kutu putih memiliki lapisan lilin yang berguna untuk menghindari paparan sinar matahari. Oleh karena itu, sabun cuci piring berperan untuk menghilangkan lapisan lilin tersebut.

Harapannya, saat lapisan lilin hilang, maka kutu putih akan lebih mudah terkena sinar matahari. Dengan demikian, kutu putih akan mati dengan sendirinya.

Baca juga: Cara Membuat Pestisida Nabati dari Daun Nimba, Bisa Basmi Kutu Putih

Itulah salah satu cara menghilangkan kutu putih pada mangga menggunakan sabun cuci piring. Pengendalian tersebut sangat mudah dan cukup efektif untuk menghilangkan hama kutu putih pada tanaman mangga.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com