Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Melon dari Biji, Bisa Ditanam di Polybag

Kompas.com - 08/05/2023, 10:41 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Melon merupakan salah satu buah yang mudah dibudidayakan. Bahkan, buah melon dapat ditanam dari bijinya.

Biji buah melon bisa ditanam di lahan atau polybag. Namun, untuk menghemat ruang dan mempermudah perawatan, Anda bisa menanamnya di dalam polybag atau pot.

Dikutip dari Cybext Kementerian Pertanian, Senin (8/5/2023), berikut ini cara menanam melon dari biji di dalam polybag.

Baca juga: Cara Budidaya Melon Golden di Lahan Sempit

Persiapan media tanam

Media yang digunakan untuk menanam benih melon terbuat dari tanah dan pupuk kandang yang dicampur. Setelah itu, isi media tanam dalam polybag kecil.

Menanam benih melonShutterstock/rukawajung Menanam benih melon

Penanaman benih

Sebelum benih melon ditanam, sebaiknya rendam terlebih dahulu dalam fungisida selama 12 jam. Setelah itu tiriskan menggunakan kertas koran dan letakkan di tempat yang gelap.

Tujuannya agar benih lebih mudah berkecambah. Benih yang sudah muncul tunas kemudian ditanam dengan bagian yang runcing menghadap ke bawah.

Pindah tanam

Pindah tanam biasanya dilakukan saat bibit mulai berumur 12 hingga 14 hari dan sudah mempunyai setidaknya 4 helai daun. Namun sebelum bibit dipindah, siapkan terlebih dahulu media tanam dari campuran tanah, pupuk kandang, dan sekam padi dengan perbandingan 1:2:3.

Baca juga: 7 Tahap Budidaya Melon Hidroponik dari Persemaian sampai Panen

Media tanam kemudian diletakkan dalam polybag yang lebih besar. Kemudian, tambahkan juga 20 gram NPK, furadan 5 gram, dan humic acid 1 liter.

Aduk seluruh bahan tersebut. Kemudian, buat lubang tanam dan letakkan bibit pada lubang tanam tersebut. Tutup lubang tanam dan siram tanaman sampai lembap.

Perawatan tanaman

Agar tanaman tumbuh dengan baik, maka tanaman melon tetap perlu dirawat. Kegiatan perawatan melon meliputi pemasangan ajir, pemangkasan dan pemilihan buah, pemupukan susulan, dan pengendalian hama serta penyakit.

Panen melon

Tanaman melon yang sudah matang sempurna bisa mulai dipanen. Caranya dengan memotong tangkai buah ini. Kemudian, letakkan buah melon pada wadah bersih.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com