Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Kentang Siap Panen? Ini Penjelasan Selengkapnya

Kompas.com - 21/08/2023, 22:32 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kentang merupakan salah satu komoditas pangan yang banyak disukai. Peminat kentang cukup tinggi, sehingga budidaya tanaman ini cukup menguntungkan.

Kualitas kentang yang berkualitas sangat mempengaruhi nilai jualnya. Semakin berkualitas umbi yang dihasilkan, maka semakin tinggi nilai jualnya.

Untuk mendapatkan kentang yang berkualitas, waktu panen dan cara panennya harus diperhatikan dengan benar. Dilansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Senin (21/8/2023), berikut waktu kentang siap panen dan cara panennya.

Baca juga: Catat, Begini Cara Panen dan Pasca-panen Kentang yang Benar

Kapan kentang siap panen?

Waktu panen kentang berbeda-beda tergantung varietasnya. Varietas cipanas, bisa dipanen saat berumur 95 hingga 105 hari, varietas cosima dipanen saat berumur 100 hingga 110 hari, sedangkan varietas granola dipanen saat berumur 100 sampai 115 hari.

Ilustrasi menanam kentang, budidaya kentang. SHUTTERSTOCK/MADLEN Ilustrasi menanam kentang, budidaya kentang.

Maka dari itu, sebelum menanam pastikan untuk mengetahui terlebih dahulu waktu panen dari varietas tersebut. Ciri kentang yang siap dipanen bisa dilihat dari daunnya.

Daun akan berubah dari hijau segar menjadi kekuningan. Namun, warna kuning tersebut bukan karena penyakit. Kulit umbi yang siap panen juga tidak mudah lecet atau terkelupas.

Cara panen kentang

Panen kentang diawali dengan memangkas bagian tanaman yang berada dipermukaan tanah. Setelah itu, bongkar umbi dengan hati-hati.

Kemudian, angkat umbi dari tanah secara hati-hari agar umbi tidak rusak. Kemudian, tempatkan di permukaan tanah agar terkena sinar matahari. Pemanenan sebaiknya dilakukan saat musim hujan atau menjelang hujan, namun saat pelaksanaan cuaca tetap cerah.

Baca juga: 6 Hama Tanaman Kentang yang Merugikan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com