Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Anggrek di Pot Tanah Liat dengan Mudah

Kompas.com - 03/09/2022, 15:20 WIB
Siti Nur Aeni ,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bunga anggrek merupakan salah satu jenis bunga yang banyak diminati. Harganya di pasaran cukup tinggi, sehingga menanam bunga anggrek bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan.

Menanam anggrek bisa dilakukan di dalam pot atau ditempelkan pada batang pohon. Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas seputar cara menanam anggrek di pot dengan mudah. Mari simak penjelasan lengkapnya berikut.

Baca juga: Cara Menanam Anggrek di Pot dan Batang Pohon

Memilih pot anggrek

Hal yang penting untuk dilakukan sebelum menanam bunga anggrek yaitu memilih pot yang tepat. Menurut penjelasan di buku Petunjuk Perawatan Anggrek, jenis pot yang sebaiknya digunakan untuk menanam bunga anggrek yaitu pot dari tanah liat.

Ilustrasi anggrek ngengat atau moth orchid (Phalaenopsis spp.)SHUTTERSTOCK/Chuchawan Ilustrasi anggrek ngengat atau moth orchid (Phalaenopsis spp.)

Pot tanah liat untuk anggres biasanya memiliki lubang kecil di dindingnya. Lubang tersebut berguna untuk melancarkan sirkulasi udara dan mempermudah drainase serta aerasi.

Pemilih pot dari tanah liat ini sesuai untuk tanaman anggrek karena pot ini mampu menyerap kelebihan air dari penyiraman. Dengan demikian, bunga anggrek bisa terhindar dari penyakit busuk akar.

Baca juga: Panduan Cara Menanam Bunga Anggrek Bulan yang Benar

Selain itu, pada kondisi lingkungan lembap dapat membuat akar tumbuh dengan baik. Sayangnya, pot dari tanah liat mudah ditumbuhi lumur. Jika tidak segera ditangani, lumut bisa tumbuh menutupi permukaan media tanam.

Selain memilih pot yang tepat, Anda juga perlu mengetahui penempatan pot tersebut. Sebaiknya, tempatkan pot di atas rak atau digantung menggunakan kawat.

Penempatan dengan cara seperti itu, membuat sirkulasi udara menjadi lancar. Sangat tidak disarankan meletakan pot anggrek di atas permukaan tanah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com