Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Tomat di Sawah agar Panennya Banyak

Kompas.com - 25/01/2023, 16:29 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tomat merupakan sayuran yang banyak diolah menjadi berbagai jenis makanan. Kebutuhan tomat yang cukup tinggi, membuat sayuran ini menjadi komoditas yang prospektif.

Bahkan, sayuran ini bisa ditanam di sawah. Melansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Rabu (25/1/2023), berikut ini cara menanam tomat di sawah agar panennya maksimal.

Memilih benih berkualitas

Benih tomat yang ditanam sebaiknya berasal dari varietas unggul agar tanaman dapat tumbuh dengan baik. Benih tomat bisa dibeli di toko pertanian atau dengan menggunakan biji tomat dari penanaman sebelumnya.

Baca juga: Tips Menanam Tomat Saat Musim Hujan agar Tak Gagal Panen

Cara mendapatkan biji tomat yang akan ditanam yaitu memotong buah tomat yang matang sempurna. Setelah itu, biji tomat dikeluarkan dan dibersihkan. Kemudian, keringkan biji tersebut dan tanam pada bak persemaian.

ilustrasi tanaman tomat ceriPixabay/Fruchthandel_Magazin ilustrasi tanaman tomat ceri

Pengolahan lahan dan penanaman bibit

Lahan sawah yang akan ditanami tomat perlu diolah terlebih dahulu sampai gembur. Setelah itu, buat bedengan ukuran 1 meter, tinggi 25 cm, dan parit ukuran 30 cm.

Lalu, taburkan pupuk kandang di atas bedengan. Ratakan pupuk tersebut dan aduk sampai tercampur.

Diamkan selama 1 minggu sebelum penanaman. Setelah itu, pasang mulsa dan buat lubang tanam dengan jarak tanam 50 x 60 cm.

Baca juga: 10 Tips Menanam Tomat agar Berbuah Banyak

Pada lubang tanam tersebut, letakkan bibit tomat. Terakhir, tutup lubang tanam dengan tanah sembari dipadatkan agar bibit tidak rusak.

Perawatan tanaman

Setelah bibit ditanam, lakukan perawatan berupa penyiraman, penyiangan, pemasangan ajir, pemupukan, dan pengendalian hama maupun penyakit. Perawatan tanaman akan membuat tanaman tumbuh dengan baik dan produktivitasnya maksimal.

Panen

Tanaman tomat umumnya bisa dipanen saat berumur 2,5 hingga 3 bulan. Tomat yang siap panen biasanya sudah mengalami perubahan warna dari hijau ke merah.

Baca juga: Kegiatan Pasca Panen Tomat agar Tidak Mudah Rusak

Cara panennya dengan memetik buah tomat yang terlihat matang. Setelah itu, kumpulkan pada wadah bersih.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com