Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Buah Delima dari Biji dengan Mudah

Kompas.com - 19/04/2023, 15:25 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Delima merupakan buah berwarna merah yang biasanya diolah menjadi asinan atau rujak. Buah ini memiliki rasa yang segar.

Selain dimanfaatkan sebagai buah konsumsi, pohon durian juga sering dimanfaatkan untuk memperindah dan mempersejuk halaman. Budidaya buah delima tidak sulit, bahkan bisa ditanam dari bijinya.

Akan tetapi, buah delima yang ditanam dari biji memerlukan waktu lebih lama untuk menghasilkan buah yakni sekitar 3 sampai 4 tahun. Dikutip dari Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian, Rabu (19/4/2023), berikut ini cara menanam buah delima dari biji.

Baca juga: Mudah, Ini Pedoman Budidaya Buah Delima dalam Pot

Pilih jenis delima

Jenis buah delima cukup beragam, ada yang tajuknya tinggi ada juga yang tajuknya pendek atau kerdil. Anda bisa memilih jenis buah delima sesuai kebutuhan dan keinginan.

Ilustrasi buah delima. PIXABAY/STEVE BUISSINE Ilustrasi buah delima.

Pilih tempat menanam

Tempat yang digunakan untuk menanam delima sebaiknya yang terkena sinar matahari langsung. Pasalnya, tanaman delima membutuhkan penyinaran matahari untuk menunjang pertumbuhan dan produktivitas tanaman.

Selain itu, pastikan tanah yang digunakan untuk menanam delima memiliki drainase yang baik atau tanah kering berpasir sedikit asam. Buah delima kurang cocok ditanam di tanah basah dan lembap.

Baca juga: Cara Menanam Markisa yang Benar dari Persiapan Benih sampai Panen

Penanaman

Setelah menentukan jenis buah delima dan menemukan lahan yang sesuai untuk menanam delima, langkah selanjutnya yaitu penanaman benih. Buat lubang tanam dan letakkan benih pada lubang tanam tersebut. Lalu, tutup dengan tanah dan lakukan perawatan dengan maksimal agar tanaman tumbuh dengan baik.

Itulah cara menanam delima dari biji. Agar tanaman tumbuh dengan baik dan produktivitasnya maksimal, lakukan perawatan dengan benar.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com