Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Melebatkan Buah Anggur dengan Mudah

Kompas.com - 28/02/2023, 10:17 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Buah anggur menjadi salah satu buah yang banyak disukai karena rasanya manis, segar, dan sedikit asam. Selain rasanya yang enak, buah anggur juga memiliki nilai jual yang tinggi.

Maka dari itu, banyak petani berminat menanam komoditas ini. Budidaya anggur sebenarnya cukup mudah, akan tetapi untuk mendapatkan tanaman anggur yang berbuah lebat, perlu dilakukan perawatan yang khusus.

Dilansir dari situs Jogja Benih, Selasa (28/2/2023), berikut ini cara melebatkan buah anggur dengan tepat.

Baca juga: Cara Menanam Anggur di Pot hingga Sukses Berbuah

1. Menanam pada lahan yang sesuai

Pemilihan lokasi lahan harus dipikirkan dengan benar. Hal tersebut dikarenakan buah anggur bukan berasal dari Indonesia, jadi buah anggur harus ditanam pada lokasi yang sesuai dengan negara asalnya.

Tanaman buah anggur cocok ditanam pada ketinggian lahan 0 hingga 900 mdpl, dengan suhu 25 sampai 32°C, dan curah hujan 800 mm/tahun. Dataran rendah sampai menengah merupakan tempat yang paling cocok untuk menanam anggur.

Ilustrasi tanaman anggur. SHUTTERSTOCK/ILOVEHZ Ilustrasi tanaman anggur.

2. Pemilihan varietas unggul

Setiap jenis varietas anggur memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu, pilihlah varietas anggur yang memiliki keunggulan paling banyak dari segi pertumbuhan, ketahanan terhadap hama penyakit dan buah yang dihasilkan.

Jenis varietas anggur unggul diantaranya seperti Jupiter, Ninel, Harold, Dixon, Veles, Victor dan masih banyak yang lainnya. Pastikan juga bibit anggur yang Anda peroleh, memiliki sertifikat keaslian bibit.

Baca juga: Cara Menanam Anggur dari Batang agar Pertumbuhannya Cepat

3. Pemangkasan

Tanaman anggur tumbuh dengan cara merambat dan memiliki cabang-cabang yang sangat banyak. Cabang-cabang ini harus dipangkas secara rutin.

Tujuan dari pemangkasan tersebut supaya nutrisi yang diserap tanaman dapat difokuskan untuk pembentukan buah. Selain itu, pemangkasan juga berguna untuk mempermudah perawatan dan tanaman lebih tertata rapi.

4. Pembentukan cabang

Cara melebatkan buah anggur yang selanjutnya yaitu pembentukan cabang. Setelah pemangkasan, cabang-cabang yang tersisa dirambatkan ke arah samping. Hal ini karena buah anggur berbuah secara menggantung pada cabang primer dan sekunder, sehingga perlu dirambatkan dan dibentuk.

Baca juga: Inilah 4 Cara Merawat Anggur agar Cepat Berbuah

5. Pemupukan

Ketersediaan nutrisi juga mempengaruhi pembuahan anggur. Maka dari itu, perlu dilakukan pemupukan, untuk terus memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman.

Gunakanlah pupuk NPK yang lengkap, dan lakukan pemupukan dengan dosis yang dibutuhkan oleh tanaman secara rutin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com