Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Perlakuan Benih Bawang Merah Sebelum Ditanam agar Cepat Tumbuh

Kompas.com - 28/05/2023, 21:50 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu kunci keberhasilan budidaya bawang merah yaitu penggunaan benih terbaik. Benih berkualitas bisa diperoleh dari varietas unggul.

Selain mencari benih dari varietas unggul, benih bawang merah juga perlu diberi perlakuan khusus sebelum ditanam. Tujuannya agar persentase benih tumbuh semakin tinggi.

Lantas, bagaimana cara memperlakukan benih bawang merah sebelum ditanam? Dikutip dari Cybext Kementerian Pertanian, Minggu (28/5/2023), berikut penjelasan selengkapnya.

Baca juga: Tips Memilih Bibit Bawang Merah yang Bagus

Perlakuan benih bawang merah sebelum ditanam

Ilustrasi bawang merah.SHUTTERSTOCK/ZULFIKAR95 Ilustrasi bawang merah.

Sebelum ditanam, benih bawang merah perlu dipotong terlebih dahulu bagian atasnya sebanyak 1/3 bagian. Tujuannya untuk memperpendek masa dormansi.

Tak hanya itu, pemotongan ujung umbi juga dapat membuat benih tumbuh merata, banyak anakan, dan cepat tumbuh. Hal tersebut dikarenakan ujung benih bawang merah bersifat menghambat pertumbuhan.

Setelah itu, benih bawang merah sebaiknya direndam dalam fungisida. Dosisi fungisida yang direkomendasikan sekitar 1 hingga 2 sendok fungisida yang dicampur dalam 100 liter air.

Baca juga: Cara Menanam Bawang Merah dengan Metode Vertikultur

Kemudian, rendam benih dalam larutan tersebut selama 1 hingga 2 menit. Terakhir tiriskan benih sampai kering.

Itulah perlakuan khusus yang perlu diberikan pada benih bawang merah sebelum ditanam. Kegiatan tersebut cukup mudah, sehingga bisa dilakukan di rumah. Tak hanya mudah, efek dari perlakuan tersebut sangat besar hingga berpotensi meningkatkan hasil panen tanaman bawang merah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com