Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

12 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan, Obati Infeksi hingga Diare

Kompas.com - 03/08/2023, 22:18 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman sirsak (Annona muricata) adalah tanaman tropis yang berasal dari Amerika. Tanaman ini dikenal luas karena buahnya yang besar dan runcing.

Buah sirsak memiliki kulit hijau bertekstur kasar dan daging putih krem, dengan rasa unik yang sering digambarkan sebagai kombinasi dari nanas, stroberi, dan jeruk.

Tanaman sirsak tumbuh subur di iklim yang hangat dan lembap, seperti yang ditemukan di beberapa bagian Amerika Tengah dan Selatan, Karibia, dan Asia Tenggara.

Baca juga: 6 Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan dan Cara Menggunakannya

Tanaman sirsakPixabay/najibzamri Tanaman sirsak

Pohon sirsak bisa berbuah sepanjang tahun di daerah tropis, meskipun mungkin ada variasi musim puncak tergantung pada lokasi tertentu.

Sirsak tidak hanya disukai karena rasanya yang enak tetapi juga karena potensi manfaat kesehatannya. Buah sirsak kaya nutrisi, termasuk vitamin C, B1, dan B2, serta serat dan antioksidan.

Buah sirsak sering dikonsumsi segar atau digunakan dalam minuman, makanan penutup, dan es krim. Selain untuk kuliner, sirsak juga digunakan dalam pengobatan herbal tradisional untuk berbagai keperluan, meskipun bukti ilmiah yang mendukung khasiat obatnya masih terbatas.

Namun demikian, bagian tanaman sirsak yang juga bermanfaat untuk kesehatan adalah daunnya. Dikutip dari Balcony Garden Web, Kamis (3/8/2023), berikut beberapa manfaat daun sirsak untuk kesehatan.

Baca juga: Manfaat Brokoli untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

1. Meningkatkan kesehatan mata

Manfaat kesehatan pertama dari daun sirsak adalah antioksidannya yang dapat membantu mencegah stres oksidatif pada mata. Hal ini dapat mengurangi risiko penyakit mata terkait usia seperti katarak dan degenerasi makula.

Selain itu, daun sirsak mengandung riboflavin, yang penting untuk menjaga kesehatan penglihatan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com