Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Varietas Anggur Manis yang Dikembangkan di Indonesia

Kompas.com - 24/09/2022, 19:44 WIB
Siti Nur Aeni ,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggur merupakan buah yang nilai ekonominya tinggi. Tanaman ini berasal dari Eropa dan Asia Tengah.

Walaupun demikian, buah ini bisa ditanam di Indonesia. Dilansir dari situs Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura, Kementerian Pertanian Indonesia, Sabtu (24/9/2022), berikut varietas anggur manis yang ada di Indonesia.

Baca juga: Cara Menanam Anggur agar Cepat Berbuah

1. Anggur varietas prabu bestari

Varietas prabu bestari adalah anggur introduksi dari Australia yang sudah dirakit Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika lewat seleksi. Ukuran buah ini besar dengan warna merah yang menarik.

Hasil panen varietas tinggi yaitu sekitar 10-30 kg/panen/pohon dengan kandungan vitamin C mencapai 23,23 mg/100 g. Kedua hal ini menjadi keunggulan dari varietas ini.

Ilustrasi tanaman anggur, menanam anggur.PIXABAY/MONIKA Ilustrasi tanaman anggur, menanam anggur.

Varietas ini mempunyai umur panen sekitar 120 hari setelah pangkas. Daya simpan anggur ini mencapai 7-14 hari pada suhu kamar. Selain itu, varietas ini juga mempunyai kemampuan adaptasi yang baik jika ditanam pada dataran rendah.

Baca juga: Cara Menanam Biji Anggur, Mudah Dilakukan

2. Anggur varietas jestro AG 60

Varietas anggur manis lainnya yang ada di Indonesia yaitu jestro AG 60. Varietas ini sebenarnya mirip dengan anggur Bali, hanya saja ukurannya lebih besar dan rasanya berbeda.

Anggur varietas jestro AG 60 memiliki rasa yang manis karena kadar gulanya mencapai 27 brix. Dengan demikian, tingkat kemanisannya di atas standar kemanisan anggur pada umumnya yang hanya memiliki kadar gula 20 brix.

Potensi anggur ini juga cukup tinggi yaitu 25 kg/pohon. Keunggulan buah anggur ini yaitu memiliki rasa yang manis dan tidak mempunyai biji.

Varietas ini cocok dikembangkan pada tanah dengan porositas tinggi dan berada di dataran rendah dengan curah hujan dan kelembapan rendah.

Baca juga: Cara Menanam Anggur di Halaman Rumah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com