Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Jagung Komposit agar Hasil Panen Maksimal

Kompas.com - 23/10/2022, 21:21 WIB
Siti Nur Aeni ,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jagung komposit adalah jagung bersari bebas yang benihnya berasal dari pertanaman sebelumnya atau bisa digunakan terus-menerus setiap penanaman.

Jagung ini diketahui berumur pendek, tahan hama dan penyakit, serta bisa ditanam berulang kali sehingga tidak menimbulkan ketergantungan petani.

Baca juga: Simak, Perbedaan Jagung Hibrida, Komposit, dan Transgenik

Kekurangan dari jenis jagung ini adalah produktivitasnya cukup rendah, yakni 3-5 ton/hektare. Meski demikian, jagung komposit masih banyak dibudidayakan petani Indonesia.

Bahkan, pilihan varietasnya cukup beragam, antara lain Arjuna, Lamuru, Bisma, Gajah Mas, dan Genjah Rante. Cara menanam jagung komposit sebenarnya tidak berbeda jauh dengan jenis jagung lainnya.

Dikutip dari Cybext Kementerian Pertanian Indonesia, Minggu (23/10/2022), berikut cara menanam jagung komposit yang benar agar produksinya maksimal. 

Baca juga: Penyakit Hawar Daun Jagung: Gejala, Siklus, dan Cara Mengatasi

Persiapan lahan

Ilustrasi tanaman jagung, menanam jagung, budidaya jagung.SHUTTERSTOCK/ZELJKO RADOJKO Ilustrasi tanaman jagung, menanam jagung, budidaya jagung.

Pengolahan lahan dilakukan satu sampai dua kali, tergantung pada kondisi lahan. Jika menanam di lahan bekas sawah, pengolahan tidak perlu dilakukan.

Apabila penanaman dilakukan saat curah hujan tinggi, saluran drainase harus dibuat setiap 2,5-3 meter dengan kedalaman 20-24 sentimeter. Saluran drainase dibuat di sepanjang petakan.

Memilih benih berkualitas

Penggunaan benih yang sehat dan berasal dari varietas unggul sangat mempengaruhi hasil panen komoditas ini. Karena itu, sebelum mulai menanam pastikan sudah memilih benih  berkualitas unggul.

Baca juga: 5 Tips Menanam Jagung Saat Musim Hujan agar Bebas Penyakit

Penanaman

Jagung komposit bisa ditanam dengan jarak 80 x 40 cm, 75 x 50 cm dan 80 x 25 cm. Lubang tanam dibuat dengan jarak tersebut, kemudian isi dua benih per lubang tanam.

Terakhir, tutup lubang tanam agar benih tidak tercuci air hujan atau dimakan hama.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com