Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Cara Mencegah Bunga Mangga Rontok Saat Ditanam di Pot

Kompas.com - 09/03/2023, 14:36 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Budidaya mangga dalam pot semakin digemari. Pasalnya, menanam mangga di pot dianggap sangat efektif bagi orang yang ingin menanam tanaman buah ini di lahan terbatas.

Tanaman mangga dalam pot mampu menghasilkan buah yang lezat dan sebagai penghias pekarangan rumah.

Dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Kamis (9/3/2023), beberapa varietas mangga yang dapat ditanam di pot antara lain mangga chokanan, namdokmai, modenko, mangga apel, irwin, mangga manalagi, khioe, mangga arumanis kiojay dan jenis lainnya.

Baca juga: Cara Membasmi Kutu Putih pada Pohon Mangga

Ilustrasi mangga harum manis, pohon mangga harum manis, tanaman mangga harum manis. SHUTTERSTOCK/RBAGUSDIANI Ilustrasi mangga harum manis, pohon mangga harum manis, tanaman mangga harum manis.

Untuk Anda yang menanam mangga dalam pot, pasti menginginkan tanaman mangga cepat berbuah lebat dan manis. Namun, sebelum berbuah biasanya tanaman mangga akan melewati proses pembungaan.

Tidak semua tanaman buah mangga dapat berbunga dengan cepat. Hanya tanaman mangga yang pemeliharaannya yang baik sajalah yang dapat berbunga dengan cepat.

Akan tetapi, munculnya bunga pada tanaman mangga dapat dipercepat lagi dengan cara merangsang agar bunga cepat muncul. Namun, tentu saja tanaman mangga harus dipelihara dengan baik supaya memudahkan dalam proses merangsang pembungaan.

Bunga mangga adalah sebuah harapan di mana hasil pertanian yang selama ini di tunggu akan menghasilkan buah yang melimpah.

Baca juga: Kenali Mangga Arum Merah, Varietas Mangga Merah Unggul dari Situbondo

Penyebab bunga mangga rontok

Munculnya bunga mangga tidak semudah yang diharapkan. Ada beberapa penyebab bunga mangga rontok sebelum menjadi bakal buah, sehingga hanya beberapa buah yang akan bisa dipanen.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com