Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Menanam Anggur dalam Pot agar Berbuah Banyak

Kompas.com - 13/03/2023, 15:35 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Buah anggur ternyata bisa ditanam dalam pot. Cara budidaya ini sangat cocok diterapkan pada lahan yang sempit.

Agar produktivitas tanaman anggur melimpah, teknik budidaya harus dilakukan dengan baik. Dilansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Senin (13/3/2023), berikut tips menanam anggur dalam pot agar berbuah banyak.

Memilih pot yang sesuai dengan pertumbuhan tanaman

Pot yang digunakan untuk menanam anggur sebaiknya memiliki ukuran yang cukup besar dengan diameter minimal 30 cm dan tinggi 40 cm. Bahan pot sebaiknya berasal dari tanah liat karena memiliki pori-pori di bagian dasarnya sehingga lebih mudah menyerap air.

Baca juga: Cara Menanam Anggur di Pot hingga Sukses Berbuah

Keuntungan lainnya dari penggunaan pot tanah liat yaitu akar tidak mudah kering dan tidak terlalu lembap jika terlalu banyak mendapatkan air.

Ilustrasi menanam anggur di polybag, pohon anggur di polybag. SHUTTERSTOCK/KING SHOOT Ilustrasi menanam anggur di polybag, pohon anggur di polybag.

Menyiapkan media tanam terbaik

Tanaman anggur juga memerlukan media tanam yang subur untuk menunjang pertumbuhan dan produktivitasnya. Media tanam yang digunakan untuk menanam anggur harus lembap, gembur, dan porous.

Media tanam bisa berasal dari campuran pasir dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1. Sebelum digunakan untuk menanam anggur, pastikan media tanam sudah tercampur secara merata.

Baca juga: Cara Menanam Anggur di Pot, Mudah dan Praktis

Menanam dengan benar

Penanaman anggur harus dilakukan dengan benar agar tanaman dapat tumbuh normal. Cara menanam anggur di pot yaitu dengan mengisi pot menggunakan media tanam yang sudah disiapkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com