Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Memaksa Mangga Berbuah di Luar Musim

Kompas.com - 23/05/2023, 22:02 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman mangga biasanya berbuah hanya di bulan-bulan tertentu saja. Pasalnya, mangga termasuk buah tahunan, sehingga masa panennya cukup lama.

Waktu panen buah mangga dapat dipanen saat berumur 4 hingga 5 bulan setelah bunga mekar. Namun, waktu panen tersebut bisa berbeda-beda tergantung varietas yang ditanam.

Kebutuhan dan peminat buah mangga yang cukup tinggi, membuat banyak petani mencari cara agar tanaman mangga bisa berbuah di luar musim. Dikutip dari Cybext Kementerian Pertanian, Selasa (23/5/2023), berikut ini cara memaksa mangga berbuah di luar musim.

Baca juga: Bisa, Begini Cara Membuat Mangga Berbuah di Luar Musimnya

1. Pemangkasan cabang

Pemangkasan cabang adalah kegiatan memotong atau membuang cabang dan ranting yang tidak berguna. Kriteria cabang yang perlu dipangkas, antara lain;

Ilustrasi mangga harum manis, pohon mangga harum manis, tanaman mangga harum manis. SHUTTERSTOCK/RBAGUSDIANI Ilustrasi mangga harum manis, pohon mangga harum manis, tanaman mangga harum manis.

  • Cabang atau ranting yang mati, lemah, maupun terserang hama dan penyakit.
  • Tunas air.
  • Cabang yang melebar.
  • Ranting yang rapat, bersilang, atau mengarah ke dalam.

Selain itu, tajuk bagian atas yaitu ujung ranting juga perlu dipangkas mundur satu ruas. Tujuannya untuk mempertahankan ketinggian tanaman agar maksimal 3 m dari permukaan tanah. Pemangkasan sebaiknya dilakukan segera setelah panen.

2. Pemupukan setelah panen berakhir

Pemupukan sangat mempengaruhi pertumbuhan dan produktivitas tanaman. Untuk mempercepat pembuahan mangga, maka jenis pupuk yang diberikan harus mengandung unsur hara yang diperlukan saat tanaman berada di fase generatif.

Baca juga: Cara Membuat Mangga Berbuah di Luar Musim Pakai ZPT

Beberapa jenis pupuk yang dapat diberikan antara lain; pupuk kandang, NPK, ZA, KCl atau NCl. Dosis pupuk bisa disesuaikan dengan kebutuhan tanaman.

3. Aplikasi zat pengatur tumbuh paklobutrazol

ZPT Paclobutrazol adalah hormon yang berguna untuk menghentikan fase vegetatif, sehingga bisa merangsang pembungaan. Tanaman yang diberikan ZPT harus dalam kondisi sehat, tidak sedang tumbuh tunas, dan sudah berproduksi.

Cara aplikasi ZPT ini dapat dilakukan dengan cara dikocor atau di bor ke dalam batang tanaman. Selain ZPT paclobutrazol, KNO3 juga dapat merangsang pembuahan terutama pada mangga harum manis.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com