Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Ini Cara Agar Pohon Mangga Rajin Berbuah

Kompas.com - 09/01/2023, 16:13 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Budidaya mangga sebenarnya cukup mudah. Bahkan, tanaman ini sering kita jumpai di pekarangan rumah dan ditanam tanpa perawatan khusus.

Akan tetapi pada kondisi tertentu, pohon mangga seringkali sulit berbuah. Faktor yang menyebabkan pohon mangga tidak berbuah bisa karena faktor internal atau eksternal.

Lantas, bagaimana cara agar pohon mangga rajin berbuah? Dikutip dari Cybext Kementerian Pertanian, Senin (9/1/2023), berikut penjelasan selengkapnya.

Baca juga: Ciri-ciri Buah Mangga Tua yang Siap Panen

Lakukan pemangkasan cabang

Ilustrasi mangga harum manis, pohon mangga harum manis, tanaman mangga harum manis. SHUTTERSTOCK/RBAGUSDIANI Ilustrasi mangga harum manis, pohon mangga harum manis, tanaman mangga harum manis.

Pemangkasan cabang adalah kegiatan membuang cabang dan tunas yang sudah tidak berguna. Kriteria cabang yang perlu dipangkas yaitu cabang atau ranting mati, tunas air, cabang yang sudah melebar, dan cabang yang rapat, bersilangan, atau mengarah ke bagian dalam.

Selain itu, tajuk yang ada di bagian atas juga perlu dipangkas satu ruang agar tinggi pohon tetap optimal. Kegiatan pemangkasan bisa dilakukan setelah buah dipanen.

Pemupukan setelah panen selesai

Melakukan pemupukan setelah panen selesai juga menjadi salah satu cara agar pohon mangga rajin berbuah. Pemupukan berguna untuk menyediakan nutrisi yang diperlukan tanaman.

Baca juga: Cara Menanam Biji Mangga agar Cepat Tumbuh dengan Mudah

Pemupukan yang diberikan harus sesuai dengan kebutuhan tanaman. Jenis pupuk yang dapat diberikan yaitu pupuk kandang, NPK, ZA, dan KCl.

Aplikasi zat pengatur tumbuh paklobutrazol

Zat pengatur tumbuh atau ZPT merupakan hormon yang diberikan untuk mempercepat pertumbuhan dan produktivitas tanaman. Jika ingin pohon mangga yang ditanam cepat berbuah, maka Anda bisa memberikan ZPT paklobutrazol.

ZPT ini berguna untuk menghentikan fase vegetatif tanaman, sehingga tanaman bisa cepat berbunga. Akan tetapi, saat pemberian ZPT ini pastikan tanaman dalam kondisi sehat, tidak sedang bertunas, dan sudah berproduksi (tanaman produktif).

Cara aplikasi ZPT paklobutrazol bisa dengan menyiramkan ke area perakaran atau dengn injeksi ke batang tanaman.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com