Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisa, Begini Cara Membuat Mangga Berbuah di Luar Musimnya

Kompas.com - 20/08/2022, 11:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mangga adalah salah satu jenis tanaman buah populer yang banyak terdapat di Indonesia. Tanaman mangga berbuah rata-rata hanya sekali dalam setahun.

Dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Sabtu (20/8/2022), di Indonesia, musim mangga rata-rata jatuh pada bulan Oktober sampai Desember. Karena sifatnya yang berbuah musiman ini menyebabkan harga jual buah mangga tidak stabil.

Namun, Anda bisa membuat mangga berbuah di luar musim. Beberapa caranya adalah dengan menggunakan zat pengatur tumbuh (ZPT), penggunaan beberapa jenis pupuk, dan sebagainya.

Baca juga: Cara Mencangkok Tanaman Mangga, Mudah Dilakukan

Ilustrasi pohon mangga, tanaman mangga, buah mangga di pohon. UNSPLASH/JAMETLENE RESKP Ilustrasi pohon mangga, tanaman mangga, buah mangga di pohon.

Berikut beberapa cara membuat mangga berbuah di luar musimnya.

1. Penggunaan ZPT atau hormon pengatur tumbuh

ZPT atau hormon pengatur pertumbuhan, biasanya terbuat dari bahan kimia, sehingga bila salah aplikasi akan menyebabkan tanaman berhenti berbuah bahkan tanaman akan mati.

Teknik ini sudah banyak dilakukan juga oleh pekebun tanaman buah mangga di Indonesia, hanya belum semua pekebun menerapkannya, sehingga buah mangga di Indonesia selalu menunggu musim berbuah.

Ada beberapa ZPT yang dapat digunakan agar mangga bisa tumbuh di luar musim antara lain Paklobutrazol, NAA, Auxin, Potasium Klorat (KClO3), dan Gibberelin.

Baca juga: 10 Hama yang Sering Menyerang Pohon Mangga dan Cara Mengendalikannya

Paklobutrazol berfungsi untuk memacu pertumbuhan bunga dan tumbuhnya percabangan dan daun. Di pasaran, bahan ini sudah bayak beredar luas, antara lain bermerek Patrol, Cultar, dan Goldstar.

NAA (Naphthyl Acetic Acid atau Asam Naftali Asetat) adalah salah satu zat yang sejenis dengan ZPT yang fungsinya untuk menumbuhkan bunga secara serempak. Proses kerjanya degan cara menyemprotkan zat tesebut ke tanaman.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com