Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Ini Cara Merawat Kacang Panjang agar Panennya Maksimal

Kompas.com - 24/05/2023, 19:35 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Kacang panjang termasuk sayuran yang mudah dibudidayakan. bahkan, tamanan ini tetap bisa berproduksi meskipun tanpa perawatan.

Akan tetapi, tanaman kacang panjang yang tidak dirawat pertumbuhan dan produktivitasnya tidak maksimal. Maka dari itu, merawat kacang panjang menjadi salah satu tahapan yang penting untuk dilakukan agar hasil panennya maksimal.

Dikutip dari Cybext Kementerian Pertanian, Rabu (24/5/2023), berikut ini tahapan perawatan kacang panjang yang penting untuk dilakukan.

Baca juga: Mudah, Cara Menanam Kacang Panjang dari Biji

1. Penyulaman

Penyulaman adalah kegiatan mengganti tanaman yang tidak tumbuh, mati, atau pertumbuhannya kurang baik dengan tanaman baru yang lebih baik. Kegiatan ini dilakukan setidaknya seminggu setelah penanaman.

Ilustrasi tanaman kacang panjang, menanam kacang panjang.SHUTTERSTOCK/SIRIWAT WONGCHANA Ilustrasi tanaman kacang panjang, menanam kacang panjang.

Jika penyulaman terlambat, maka tanaman tidak tumbuh seragam dan akan menyulitkan pemeliharaan tanaman. Oleh karena itu, sebaiknya sediakan tanaman cadangan untuk mempermudah penyulaman.

2. Penyiraman

Tanaman kacang panjang memerlukan air yang cukup, terutama di awal pertumbuhan. Maka dari itu, ketersediaan air harus selalu diperhatikan.

Baca juga: Jenis Pupuk Kacang Panjang, Apa Saja?

Jika menanam kacang panjang di musim kemarau, pastikan untuk selalu menyiram tanaman di pagi atau sore hari. Meskipun demikian, penyiraman tidak boleh berlebihan karena bisa membuat media tanam becek dan padat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com