Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisa, Cara Membuat Melon Berbuah Lebat dan Manis

Kompas.com - 16/09/2022, 15:40 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Melon adalah salah satu buah populer yang memiliki banyak kandungan gizi. Cara menanam melon dan perawatan tanaman bisa memengaruhi rasa manis dan produksi buahnya.

Dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Jumat (16/9/2022), ada beberapa jenis melon, yakni melon bernet yang memiliki jaring di permukaan buah, berdaging buah warna putih dan oranye dengan tingkat kemanisan 15 persen ke bawah.

Kemudian ada pula golden melon yang berkulit halus, memiliki kulit warna kuning emas dan hijau, daging buah berwarna putih, oranye, dan hijau dengan tingkat kemanisan 15 persen ke atas.

Baca juga: Tidak Sulit, Begini Cara Menanam Melon agar Buahnya Besar

Ilsutrasi buah melon kuningPixabay/stux Ilsutrasi buah melon kuning

Dalam memilih jenis melon untuk ditanam, lakukanlah pengamatan pada deskripsi varietas di kemasan bibit, pilih dengan potensi tingkat kemanisan tinggi.

Berikut beberapa cara membuat melon berbuah lebat dan manis.

1. Pemupukan

Lakukan pemilihan jenis pupuk yang berkualitas kemudian pemupukan hendaknya sesuai dengan fase pertumbuhan, pengolahan lahan, fase vegetatif atau generatif, serta rekomendasi pemupukan.

Adapun unsur hara yang diperlukan tanaman melon dapat digolongkan sebagai berikut.

Baca juga: Tidak Sulit, Begini Cara Menanam Melon dalam Pot agar Buahnya Besar

Makro fungsional sebagai dasar struktur penyusun utama tanaman, komponen utama hampir semua reaksi kimia tanaman dan oksidator utama seluruh proses metabolisme yang terdiri dari Carbon (C), Hidrogen (H), Oksigen (O)

Makro primer berfungsi pada pertumbuhan organ-organ vegetatif (daun, batang, dan lainnya), pertumbuhan akar dan perangsang pembungaan serta aktivator untuk banyak enzim tanaman. Termasuk dalam unsur makro primer adalah Nitrogen (N), Phospor (P) dan Kalium (K).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com