Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Melon agar Buahnya Manis

Kompas.com - 22/09/2022, 14:48 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Melon adalah salah satu buah yang banyak digemari masyarakat karena rasanya manis dan menyegarkan. Saat menanam melon, tentu saja hasil yang diharapkan adalah panen buah yang manis.

Nah, apa saja yang harus dilakukan untuk menanam melon agar buahnya manis? Dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Kamis (22/9/2022), berikut cara menanam melon agar buahnya manis.

Ada dua macam cara dalam budidaya melon berdasarkan posisi pertumbuhannya. Pertama, tanaman dibuat merambat ke atas secara vertikal dengan bantuan lanjaran, dan kedua, tanaman dibiarkan menjalar di permukaan tanah secara horizontal.

Baca juga: Bisa, Cara Membuat Melon Berbuah Lebat dan Manis

Ilustrasi pohon melon, menanam melon, cara menanam melon.SHUTTERSTOCK/BACKGROUND ALL Ilustrasi pohon melon, menanam melon, cara menanam melon.

Proses perawatan tanaman melon secara vertikal jauh lebih mudah dibandingkan yang dibiarkan menjalar. Di sisi lain, meskipun lahan budidaya melon berukuran sempit, jumlah tanaman yang dibudidayakan juga bisa tetap banyak.

Untuk bahan lanjaran sebaiknya menggunakan batang bambu, karena bambu memiliki serat yang kuat dan bisa dipakai berulang kali.

Selain itu, biaya pengadaan bambu juga tergolong lebih murah sekaligus mudah didapatkan dibandingkan dengan jenis kayu lainnya.

1. Persiapan lahan

Layaknya tanaman dari keluarga Cucurbitacaea atau timun-timunan, tanaman melon menyukai kondisi lahan dan tanah yang hangat. Maka dari itu, tanaman melon cocok dibudidayakan di dataran rendah sampai dataran sedang, mulai dari nol hingga 600 mdpl.

Baca juga: Cara Menanam Melon Kuning agar Berbuah Banyak dan Menguntungkan

Buat bedengan dengan ukuran lebar 120 cm, tinggi 30 cm, serta panjang 10 meter. Adapun untuk jarak antar bedengan yang ideal adalah 60 cm.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com