Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis-jenis Kopi yang Tumbuh di Indonesia, Apa Saja?

Kompas.com - 11/10/2022, 19:52 WIB
Siti Nur Aeni ,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kopi menjadi komoditas penting di Indonesia. Produksi kopi di Indonesia ternyata cukup tinggi. Bahkan, pada tahun 2020 lalu, Indonesia berada di posisi keempat sebagai negara penghasil kopi terbesar di dunia.

Tak hanya produksinya yang besar, jenis kopi yang ditanam juga sangat beragam. Dikutip dari buku Proses dalam Pengolahan Biji Kopi, Selasa (11/10/2022), berikut jenis-jenis kopi yang ada di Indonesia.

Baca juga: Simak, Cara Budidaya Tanaman Kopi agar Panennya Melimpah

1. Kopi Aceh

Kopi Aceh adalah salah satu kopi yang ditanam di Indonesia. Seperti namanya, jenis kopi ini berasal dari Aceh.

Di wilayah paling barat Indonesia ini, terkenal dengan kopi Gayo Arabika yang diketahui sebagai salah satu jenis kopi terbaik di dunia. Keunggulan kopi ini terdapat pada aromanya yang tajam.

Ilustrasi biji kopi. SHUTTERSTOCK/JCOMP Ilustrasi biji kopi.

Saat dicicipi, kopi ini tidak terlalu pahit. Jadi, bagi para pemula, kopi ini cocok menjadi pilihan karena rasanya yang ringan namun enak.

2. Kopi Lampung

Jenis kopi lainnya yang tumbuh di Indonesia yaitu kopi Lampung. Tekstur kopi ini halus dan rasanya kuat. Penggunaan teknik dry processing dalam pengelolaannya membuat rasanya khas.

Baca juga: Cara Menanam Bunga Telang agar Tumbuh Subur dan Cepat Berbunga

Meskipun rasanya cukup kuat, namun hanya muncul di beberapa bagian saja. Hal inilah yang membuat varietas kopi ini mempunyai rasa berbeda saat dinikmati.

3. Kopi Jawa

Di Pulau Jawa terdapat juga jenis kopi yang dikenal dengan nama kopi Jawa. Produksi kopi ini dilakukan dengan metode wet processing.

Metode inilah yang membuat rasa sedikit berbeda dan tidak sekuat kopi asal Sumatera dan Sulawesi. Meskipun demikian, kopi arabika khas Jawa bisa dinikmati dengan enak karena tingkat kekentalannya tidak terlalu pekat dan tidak terlalu asam.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com