Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Pupuk NPK Organik Cair untuk Tanaman Padi

Kompas.com - 14/12/2022, 15:20 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pupuk NPK adalah salah satu jenis nutrisi yang dibutuhkan tanaman untuk dapat tumbuh. NPK merupakan kependekan dari nitrogen, fosfor, dan kalium, tiga unsur nutrisi penting bagi tanaman.

Dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Rabu (14/12/2022), pupuk NPK bisa berupa pupuk padat dan cair, yang berfungsi memenuhi kebutuhan nutrisi pada tanaman.

Pupuk NPK buatan pabrik yang semakin langka dan mahal, serta dalam penggunaan jangka panjang akan meninggalkan residu yang akan merusak struktur tanah merupakan masalah yang dirasakan oleh petani saat ini. Oleh sebab itu, penggunaan pupuk alternatif yang ramah lingkungan adalah pilihan bagi petani dalam mengatasi masalah tersebut.

Baca juga: Penting, Ini Manfaat Pupuk NPK untuk Tanaman

Ilustrasi pupuk NPK. SHUTTERSTOCK/CRINIGER KOLIO Ilustrasi pupuk NPK.

Penggunaan pupuk NPK organik cair merupakan upaya yang diambil dalam memperbaiki kesuburan dan struktur tanah secara aman serta ramah lingkungan.

Dengan demikian, hasil produksi yang dihasilkan terbebas dari bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan manusia dan aman untuk dikonsumsi.

Berikut cara membuat pupuk NPK organik cair.

Bahan dan yang dibutuhkan

  • Bahan organik seperti daun lamtoro, daun gamal, daun kipahit, buah-buahan busuk, limbah sayuran, dan lainnya. Rajang dan padatkan dalam setengah karung beras ukuran 25 kg. Bahan-bahan tersebut mengandung bakteri pengikat unsur nitrogen, sehingga dapat digunakan sebagai pengganti pupuk kimia yang mengandung unsur nitrogen.
  • Bonggol pisang. Bahan ini mengandung bakteri pengurai unsur fosfat, sehingga dapat digunakan sebagai pengganti pupuk kimia yang mengandung fosfat, seperti pupuk SP36.
  • Semua bagian buah kelapa yang muda atau tua, (air kelapa dan sabut kelapa). Bahan-bahan ini mengandung bakteri pengurai unsur kalium, sehingga dapat digunakan sebagai pengganti pupuk kimia yang mengandung unsur kalium.

Baca juga: Cara Menggunakan Pupuk NPK yang Tepat agar Tanaman Tumbuh Subur

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com