Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Cara Menanam Oregano dengan Mudah

Kompas.com - 19/12/2022, 16:00 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Oregano adalah tanaman herba tahunan yang cocok dibudidayakan di daerah hangat dan cerah. Oregano memiliki aroma kuat dan biasanya menjadi bumbu dalam masakan Italia, Yunani, dan Meksiko.

Sama halnya dengan tanaman rempah lainnya, oregano juga menjadi komoditas yang cukup prospektif. Cara menanam oregano juga tidak sulit.

Dilansir dari The Royal Horticultural Society, Senin (19/12/2022), tanaman oregano bisa dibudidayakan dalam pot atau polybag. Berikut penjelasan selengkapnya.

Baca juga: Mudah, Ini Cara Menanam Daun Kemangi di Halaman Rumah

Penanaman

Ilustrasi tanaman oreganoPixabay/ariesa66 Ilustrasi tanaman oregano

Penanaman oregano diawali dengan menyiapkan benih oregano yang siap tanam. Benih tersebut bisa diperoleh dari toko pertanian.

Selain menyiapkan benih, Anda juga perlu menyiapkan media tanam. Biasanya, media tanam yang digunakan untuk menanam oregano yaitu campuran kompos dengan tanah.

Media tanam tersebut kemudian dimasukkan dalam pot atau polybag. Setelah itu, taburkan benih oregano di atas media tanam tersebut. Terakhir, tutup tipis benih tersebut dengan tanah agar pertumbuhannya lebih cepat.

Baca juga: Cara Menanam Ketumbar dalam Pot, Mudah untuk Pemula

Pemeliharaan tanaman

Tanaman oregano perlu disiram secara rutin agar tumbuh dengan baik. Akan tetapi, jangan menyiram tanaman berlebih agar akarnya tidak busuk.

Maka dari itu, saat musim hujan tiba sebaiknya pindahkan pot berisi tanaman oregano ke tempat yang ternaungi, namun tetap terkena cahaya matahari. Selain itu, aplikasikan juga pupuk cair untuk menunjang pertumbuhan dan produktivitas tanaman.

Panen

Cara memanen oregano cukup mudah yakni hanya dengan memotong daun tanaman ini. Anda dapat langsung menggunakan daun oregano segar atau mengeringkannya terlebih dahulu.

Baca juga: Cara Menanam Daun Mint dari Biji dan Stek Batang

Apabila ingin menggunakan daun oregano kering, maka cara mengeringkannya yaitu dengan menggantung tangkai di tempat gelap dengan ventilasi baik selama beberapa minggu. Setelah kering, daun bisa dipetik dan disimpan dalam wadah kedap udara.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com