Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Seledri di Pot agar Tumbuh Subur

Kompas.com - 27/10/2022, 18:02 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Seledri lazim digunakan sebagai penambah rasa masakan. Daun dan barang seledri memiliki rasa dan aroma yang khas, yang dapat menggugah selera makan.

Anda pun dapat menanam seledri di pot agar dapat memanennya dan menambahkannya pada masakan. Walaupun mudah, saat hendak menanam seledri tetap diperlukan pengetahuan dan pemahaman mengenai caranya, sehingga seledri dapat tumbuh subur.

Dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Kamis (27/10/2022), seledri adalah tanaman sayuran yang dapat dibudidayakan baik di dataran tinggi maupun dataran rendah.

Baca juga: Cara Menanam Sayuran di Lahan Sempit, Cocok di Pekarangan Rumah

Ilustrasi seledri, menanam seledri.PIXABAY/ERIC CHEN Ilustrasi seledri, menanam seledri.

Berikut cara menanam seledri di pot agar tumbuh subur.

1. Menyiapkan media tanam

Cara menanam seledri yang pertama adalah dengan menyiapkan media tanam. Seledri membutuhkan media yang subur dan gembur.

Gunakan media tanah, kompos dan pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Setelah itu, ayak semua media, dan ambil bagian halusnya saja dan campur media hingga rata, lalu masukkan media ke dalam pot tanam.

Anda bisa menggunakan pot plastik dengan diameter 25 sampai 35 cm. Lubangi bagian dasar pot, agar air siraman tidak menggenang di media.

Baca juga: Catat, Begini Cara Menanam Lobak yang Benar

Lalu, masukkan media tanam ke dalam pot, isi hingga permukaan pot penuh dan padat. Setelah itu, diamkan media tanam selama satu minggu baru kemudian seledri dapat ditanam.

2. Menyiapkan bibit

Untuk mendapatkan bibit seledri, Anda cukup mengunjungi pasar tradisional terdekat lalu kemudian beli satu ikat seledri. Cabut yang masih terdapat akarnya dan yang masih segar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com