Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Memilih Benih yang Bagus dan Cara Menyemainya

Kompas.com - 25/01/2023, 12:38 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemilihan benih yang bagus sangat penting untuk dilakukan. Pasalnya, kualitas benih akan mempengaruhi pertumbuhan dan produktivitas tanaman.

Terdapat beberapa hal yang penting untuk diperhatikan sebelum membeli benih. Dilansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Rabu (25/1/2023), berikut tips memilih benih yang bagus.

Cara memilih benih yang bagus

1. Pertimbangkan daya kecambah benih

Salah satu syarat benih yang bagus yaitu daya kecambahnya minimal 80 persen. Dengan Artinya, saat benih ditanam, peluang benih yang tumbuh mencapai 80 persen.

Baca juga: Simak, Cara Memilih Benih Buah dan Sayur yang Bagus

2. Pilih benih bebas hama dan penyakit

Ilustrasi benih kemangi.Shutterstock/Volosina Ilustrasi benih kemangi.

Cara memilih benih yang bagus berikutnya yaitu memilih benih yang tidak terserang hama maupun penyakit. Benih yang sehat akan membuat tanaman tumbuh dengan baik dan produktivitasnya optimal.

3. Tanam benih yang tidak tercemar

Tips memilih benih yang bagus lainnya yaitu pastikan benih yang ditanam tidak tercemar bahan kimia. Pasalnya, benih yang tercemar secara tidak langsung akan mempengaruhi kualitas hasil panennya. Jadi, saat hasil panen dikonsumsi manusia, bisa mengakibatkan gangguan kesehatan pada manusia.

Cara menyemai benih yang benar

Benih tanaman sebenarnya bisa langsung ditanam di bedengan tanam. Akan tetapi, untuk beberapa jenis tanaman, biasanya benih perlu disemai terlebih dahulu.

Baca juga: Catat, Ini Kriteria Benih Tanaman Sayuran yang Bermutu

Persemaian berguna untuk menumbuhkan benih terlebih dahulu sampai menjadi bibit atau tanaman muda. Pembibitan akan membuat tanaman muda lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan.

Cara semai benih sebenarnya cukup mudah. Benih bisa disemai dalam polybag kecil atau tray semai yang berisi media semai. Sebaiknya, gunakan media semai yang subur dan kaya unsur hara.

Benih yang disemai akan tumbuh menjadi bibit setelah berumur 7 hingga 10 hari setelah semai. Setelah itu, bibit akan dipindahkan ke pot yang lebih besar atau bedengan tanam.

Baca juga: Simak, Ini Cara Seleksi Benih Padi sebelum Menyemai

Itulah beberapa tips memilih benih yang akan ditanam. Selain memperhatikan tiga hal yang sudah disebutkan, sebaiknya pilihlah benih yang bersertifikat dan berasal dari varietas unggul. Dengan demikian, tanaman akan tumbuh dengan baik.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com