Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudah, Cara Membuat Pestisida Nabati dari Puntung Rokok

Kompas.com - 09/04/2023, 14:19 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Merokok menjadi salah satu kebiasaan masyarakat Indonesia yang sulit ditinggalkan. Kondisi ini membuat industri rokok berkembang dengan pesat.

Para perokok biasanya akan menyalakan dan menghisap rokok, kemudian membuang bagian pangkalnya. Bagian ini sering disebut sebagai puntung rokok.

Puntung rokok yang dibuang menjadi limbah yang berisiko mencemari lingkungan. Maka dari itu, limbah sisa rokok perlu diolah agar tidak mengganggu lingkungan.

Salah satu caranya dengan menjadikannya sebagai pestisida nabati. Mengutip dari Cybext Kementerian Pertanian, Minggu (9/4/2023), puntung rokok mengandung tembakau yang bisa membasmi hama tanaman.

Baca juga: Cara Membuat Pestisida Nabati dari Tembakau dengan Mudah

Kandungan tembakau dalam sisa rokok memang sedikit, namun masih bisa dimanfaatkan. Perlu diketahui bahwa tembakau mengandung nikotin yang bisa mengendalikan berbagai jenis hama.

Ilustrasi tembakauShutterstock/Lili.Q Ilustrasi tembakau

Sudah banyak penelitian yang membuktikan hal tersebut. Selain berperan untuk mengurangi populasi hama, penggunaan pestisida dari sisa rokok juga bisa mengurangi biaya produksi. Dengan demikian, peluang keuntungan petani semakin besar.

Lantas, bagaimana cara membuat pestisida nabati dari puntung rokok? Simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga: Mudah, Cara Membuat Pestisida Nabati dari Daun Kemangi

Cara membuat pestisida alami dari puntung rokok

Proses pembuatan pestisida dari puntung rokok cukup mudah. Anda hanya perlu mengumpulkan puntung rokok sebanyak 1 kg kemudian rendam dalam 1 liter air.

Pada rendaman puntung rokok juga ditambahkan 1 sendok sabun colek. Aduk semua bahan sampai homogen.

Lalu, diamkan rendaman tersebut selama 10 hari. Pastikan wadah tertutup dengan rapat. Setelah 10 hari, saring air redaman.

Cara aplikasi pestisida dari puntung rokok

Cara aplikasi pestisida tersebut yaitu dengan mencampurkan 20 ml larutan pestisida dalam 1 liter air. Kemudian, semprotkan ke tanaman yang terserang hama. Jika tingkat serangan hama tinggi, maka konsentrasi larutan bisa ditingkatkan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com