Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Okra di Polybag, Bisa Panen 2-3 Hari Sekali

Kompas.com - 31/05/2023, 23:05 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Okra termasuk tanaman berbunga yang bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan atau dikonsumsi sebagai lalap. Bagian yang biasanya dikonsumsi yaitu buah mudanya.

Buah okra mengandung air, protein, karbohidrat, serat, kalsium, dan energi yang baik untuk tubuh. Selain itu, penampilan sayuran ini juga cantik sehingga cocok menjadi tanaman hias di halaman rumah.

Maka dari itu, banyak orang menanam okra dalam polybag sebagai tanaman sayur sekaligus tanaman hias. Dikutip dari Cybext Kementerian Pertanian, Rabu (31/5/2023), berikut ini cara menanam okra di polybag dengan mudah.

Baca juga: Ini Syarat Tumbuh dan Perlakuan Benih Tanaman Okra

Persiapan media tanam

Media tanam yang digunakan untuk menanam okra bisa berasal dari campuran tanah dan pupuk kandang atau kompos dengan perbandingan 1:1. Media tanam yang sudah tersedia akan diisi dalam polybag berukuran 40 x 40 cm.

Ilustrasi tanaman okraPixabay/Akhara-Y Ilustrasi tanaman okra

Penanaman

Cara menanam okra di polybag cukup mudah. Anda hanya perlu meletakkan biji okra yang sudah tua dan kering dalam lubang tanam

Namun, sebelum ditanam benih sebaiknya direndam dulu dalam air hangat selama 4 sampai 6 jam. Lalu, tanam benih yang tenggelam. Setiap lubang tanam diisi 1 sampai 2 benih, kemudian tutup benih dengan tanah.

Perawatan tanaman

Pemeliharaan tanaman sebenarnya cukup sederhana. Anda hanya perlu menyiram, membersihkan gulma, memberikan pupuk, memasang ajir, dan mengendalikan hama serta penyakit.

Baca juga: Cara Menanam Okra Merah dari Biji, Bisa Dipanen Bekali-kali

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com