Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mengendalikan Penyakit Layu Fusarium pada Tomat

Kompas.com - 15/08/2023, 18:31 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tomat merupakan salah satu komoditas sayuran yang banyak dibudidayakan karena peminatnya cukup tinggi. Akan tetapi, dalam budidaya tomat seringkali dijumpai kendala, salah satunya serangan patogen penyebab penyakit tanaman.

Penyakit ini disebabkan oleh jamur Fusarium oxysporum. Jamur patogen ini biasanya menular melalui aliran air, terbawa di alat pertanian, hingga menginfeksi lewat luka pada akar.

Penyakit layu fusarium pada tomat bisa menyebabkan gagal panen hingga tanaman mati. Maka dari itu, pengendalian penyakit ini harus dilakukan dengan tepat dan cepat agar tidak menular ke tanaman lain yang masih sehat.

Baca juga: 4 Penyakit pada Tanaman Tomat, Apa Saja?

Dilansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Selasa (15/8/2023), berikut ini cara mengendalikan penyakit layu fusarium pada tomat.

Menggunakan varietas tahan

Salah satu upaya pencegahan penyakit ini yang bisa dilakukan yaitu dengan menanam tomat varietas unggul. Selain menggunakan varietas tahan fusarium, benih atau bibit juga harus dalam kondisi sehat agar bisa tumbuh dengan maksimal.

Ilustrasi tomat, menanam tomat, tanaman tomat. PIXABAY/CONGERDESIGN Ilustrasi tomat, menanam tomat, tanaman tomat.

Memperbaiki pH tanah

Selain menanam varietas tahan, cara lain mengendalikan penyakit layu fusarium pada tomat yaitu dengan memperbaiki pH tanah. Salah satu caranya dengan memberikan kapur dolomit saat pengolahan lahan tanah, agar pH-nya netral.

Memanfaatkan mikroba antagonis

Ada beberapa jenis mikroba antagonis yang bisa mengendalikan layu fusarium seperti Trichoderma sp., Gliocladium sp., dan Pseudomonas fluorescens. Agensia hayati tersebut bisa diaplikasikan secara tunggal atau dikombinasikan satu sama lain.

Baca juga: Cara Pakai Trichoderma Sp untuk Atasi Layu Fusarium Tanaman Tomat

Aplikasi agensia hayati tersebut juga bisa dicampurkan dengan pupuk kandang dan diaplikasikan sebagai pupuk dasar.

Memperbaiki sirkulasi udara dan air pada lahan

Cara mengendalikan penyakit layu fusarium pada tomat lainnya yaitu dengan memperbaiki sirkulasi udara dan air pada lahan. Caranya bisa dengan melakukan pengolahan lahan dengan maksimal dan membuat parit agar sistem drainase berjalan dengan baik.

Pemupukan berimbang

Menerapkan pemupukan berimbang juga bisa membantu mengendalikan penyakit tanaman, tak terkecuali penyakit layu fusarium. Dengan memberikan pupuk berimbang, maka daya tahan tanaman akan kuat dan tidak mudah terserang patogen penyebab penyakit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com