Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Labu Siam di Pot, Cocok untuk Lahan Sempit

Kompas.com - 19/10/2022, 14:36 WIB
Siti Nur Aeni ,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menanam sayuran di rumah bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan. Jika dilakukan dengan serius, hasilnya bisa dikonsumsi untuk keperluan sendiri atau dijual.

Salah satu jenis sayur yang ternyata bisa ditanam di rumah yaitu labu siam. Cara menanam labu siam di rumah tidaklah sulit.

Anda bahkan bisa menanamnya di dalam pot, apabila tidak memiliki lahan yang luas. Dilansir dari buku Taman Sayur, Rabu (19/10/2022), berikut ini tata cara menanam labu siam yang mudah di dalam pot.

Baca juga: Cara Menanam Labu Siam agar Subur dan Panen Setiap Minggu

Siapkan media tanam

Untuk menanam sayur dalam pot, media tanam yang digunakan harus diperhatikan. Pasalnya, suplai unsur hara sangat bergantung pada media tanam yang digunakan.

Labu siamCommons Wikimedia/Bùi Th?y ?ào Nguyên Labu siam

Sebaiknya gunakan media tanam dari campuran pupuk kandang, arang sekam, dan kompos dengan perbandingan 1:1:1. Campurkan ketiga bahan tersebut kemudian masukan dalam pot tanam. Pastikan gunakan pot yang bagian bawahnya berlubang agar drainase dan aerasi lancar.

Penanaman

Langkah berikutnya setelah menyiapkan media tanam yaitu mulai melakukan penanaman. Buat lubang tanam dan tanam 2-3 bibit per pot atau menyesuaikan dengan ukuran pot yang digunakan. Padatkan media tanam di sekitar perakaran agar bibit tidak mudah rebah.

Baca juga: Tips Menanam Sayur di Rumah agar Bisa Panen Setiap Hari

Perawatan tanaman

Agar tanaman tumbuh dengan baik, maka lakukanlah pemupukan berimbang. Pupuk yang diberikan bisa berasal dari pupuk buatan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com