Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudah, Cara Mengusir Burung Pengganggu Tanaman Padi Pakai Jengkol

Kompas.com - 16/11/2022, 14:53 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman padi adalah komoditas pertanian terbesar di Indonesia. Sebab, tanaman padi menghasilkan beras yang merupakan bahan makanan pokok sebagian besar masyarakat Indonesia.

Budidaya padi di Indonesia terus mengalami perkembangan dalam hal bibit, peralatan, teknik dan perawatan tanaman serta pengendalian hama.

Perkembangan ilmu dan teknologi yang didukung serta oleh perhatian pemerintah menjadikan budidaya padi memiliki prospek yang cukup menjanjikan. Apalagi harga beras yang cenderung stabil tentu akan meminimalisir kerugian petani pada saat menjual hasil panen.

Baca juga: Daftar Gulma pada Tanaman Padi yang Merugikan

Ilustrasi jengkol, buah jengkol. Kulit jengkol dapat dimanfaatkan sebagai insektisida alami.SHUTTERSTOCK/HARYS XU Ilustrasi jengkol, buah jengkol. Kulit jengkol dapat dimanfaatkan sebagai insektisida alami.

Faktor yang kadang merugikan petani adalah adanya ancaman serangan hama pengganggu yang dapat mempengaruhi produktivitas tanaman padi.

Salah satu hama yang mengganggu tanaman padi adalah hama burung. Adapun salah satu cara untuk mengusir burung pengganggu tanaman padi adalah menggunakan buah jengkol.

Dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Rabu (16/11/2022), berikut cara mengusir burung pengganggu tanaman padi dengan menggunakan jengkol.

Bahan dan alat yang dibutuhkan

  • Ember
  • Buah jengkol
  • Kayu
  • Botol bekas air mineral
  • Air
  • Tali rafia

Baca juga: Cara Membuat Pestisida Hama Penggerek Batang Padi Pakai Bumbu Dapur

Cara membuat pengusir burung pengganggu tanaman padi menggunakan jengkol

Rendam buah jengkol secukupnya selama beberapa hari. Kemudian, tunggu hingga rendaman jengkol tersebut mengeluarkan bau yang sangat menyengat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com