Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Cara Mengetahui Buah Pisang Siap Panen? Ini Penjelasannya

Kompas.com - 12/12/2022, 16:42 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pisang merupakan buah yang memiliki rasa manis dan banyak disukai. Di Indonesia, jenis buah pisang sangat beragam dengan karakteristik yang berbeda-beda.

Nilai ekonomi buah ini cukup tinggi dan peminatnya tidak pernah surut. Untuk mendapatkan buah pisang yang nilai ekonomisnya tinggi dan banyak disukai, maka kematangan buah ini harus optimal.

Umur panen sangat mempengaruhi tingkat kematangan buah pisang. Lantas, bagaimana cara mengetahui buah pisang siap panen? Dikutip dari buku Budi Daya Tanaman Buah Unggul Indonesia, Senin (12/12/2022), berikut penjelasannya.

Baca juga: 5 Tahapan Pasca Panen Buah Pisang agar Kualitasnya Terjaga

Ciri-ciri pisang yang sudah siap panen

Ilustrasi buah pisang yang sudah masak.PIXABAY/GUILHERME MACHADO Ilustrasi buah pisang yang sudah masak.

Buah pisang harus dipanen tepat waktu. Pasalnya, pemanenan yang terlalu cepat atau terlambat bisa menyebabkan kualitas buah pisang menurun.

Umumnya, tanaman pisang akan berbuah saat berumur satu tahun. Akan tetapi, waktu panen buah pisang bisa berbeda-beda tergantung pada varietas dan kondisi lingkungannya.

Ciri-ciri pisang siap panen bisa dilihat dari daun bendera yang mulai mengering. Selain itu, buah pisang yang siap panen juga memiliki ciri daging buah yang padat dan warna kulitnya berubah dari hijau muda menjadi hijau tua.

Baca juga: Ciri-ciri Pisang Cavendish yang Perlu Diketahui

Buah pisang biasanya dipanen saat berumur 80 sampai 100 hari setelah buah terbentuk dengan siku buah masih jelas hingga hampir bulat. Penentuan panen pisang harus disesuaikan dengan waktu pengangkutan. Pasalnya, pisang termasuk buah klimaterik yaitu buah yang masih bisa matang setelah dipanen.

Nantinya buah pisang bisa masak selama masa pengangkutan maupun pemeraman. Buah pisang juga diketahui bisa tahan disimpan selama 10 hari setelah diterima konsumen.

Itulah penjelasan seputar cara mengetahui buah pisang siap panen. Dengan melakukan pemanenan tepat waktu, maka kualitas buahnya maksimal dan rasanya enak.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com