Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Pisang Raja yang Rasanya Enak dan Bergizi

Kompas.com - 23/11/2022, 13:57 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Di Indonesia, jenis buah pisang sangat beragam. Salah satu buah pisang yang banyak disukai yaitu pisang raja.

Buah pisang ini mengandung banyak nutrisi seperti karbohidrat, protein, lemak, kalsium, zat besi, fosfor, dan berbagai vitamin. Sama seperti jenis pisang lainnya, pisang raja juga cukup mudah ditanam di Indonesia.

Dilansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Rabu (23/11/2022), berikut tata cara menanam pisang raja yang benar agar berbuah banyak.

Baca juga: Cara Menanam Pisang Ambon agar Panennya Maksimal

Persiapan bibit

Ilustrasi buah pisang raja.SHUTTERSTOCK/AJISAI13 Ilustrasi buah pisang raja.

Pembibitan pisang raja bisa dilakukan dengan cara vegetatif yaitu menggunakan tunas. Tunas yang digunakan untuk bibit sebaiknya memiliki tinggi 100 sampai 150 cm, diameter umbi tunas sekitar 15 sampai 20 cm, dan berbentuk menyerupai daun berhelai sempit.

Persiapan lahan tanam

Pohon pisang raja sebaiknya ditanam pada lahan yang tidak ternaungi. Hal tersebut diperlukan agar tanaman bisa berfotosintesis dengan maksimal.

Selain itu, lahan yang akan digunakan untuk menanam pisang juga perlu diolah terlebih dahulu. Setelah itu, tambahkan pupuk dasar dan buat lubang tanam dengan ukuran 50 x 50 x 50 cm. Jika pH tanah terlalu asam, tambahkan juga pupuk dolomit pada lahan tersebut.

Baca juga: Cara Menanam Pohon Pisang agar Panennya Bermutu

Penanaman pisang raja

Cara menanam pisang raja tidak sulit. Anda hanya perlu meletakkan bibit pisang pada lubang tanam. Setelah itu, tutup lubang tanam dengan tanah sembari dipadatkan agar bibit pisang tidak rebah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com